Capai Target, CB650F Jadi Moge Terlaris Honda

AHM Penuhi Target Penjualan Moge di Indonesia – Sempat dikabarkan jika penjualan motor gede-nya tak memenuhi target, kini PT Astra Honda Motor (AHM) patut berpuas diri lantaran penjualan motor gedenya atau big bike pada tahun pertama berhasil memenuhi target. Hal ini sekaligus merupakan prestasi positif bagi AHM, mengingat AHM bisa dikatakan merupakan pendatang baru sebagai pemain di segmen big bike.

Capai Target, CB650F Jadi Moge Terlaris Honda

Adapun varian moge yang coba dijual AHM di Indonesia mulai bulan Juni 2015 yang lalu adalah Honda CBR1000RR Fireblade SP, NM4 Vultus, CB650F, CB650F ABS, CB500X ABS, dan CB500F. Keenam moge ini dijual AHM dengan status CBU. Saat pertama kali dirilis, AHM menargetkan mampu menjual motor berkubikasi mesin besar tersebut sebanyak 100 unit saja. Enam bulan kemudian target penjualan terpenuhi, dengan AHM berhasil mengirim sebanyak 101 unit moge ke rumah pembelinya. Ditanya mengenai target penjualan yang minim, AHM membeberkan alasannya.

“Moge ini kan segmented, jadi kami sebenarnya tak terlalu mengejar nilai. Kami lebih kepada menyediakan kebutuhan lifestyle,” kata Deputy Head Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin, dikutip dari laman VIVA.co.id, hari Kamis (21/1).

Lantas dari sekian banyak unit moge yang berhasil dijual AHM, tipe apakah yang paling diburu konsumen? Dilansir dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode tahun 2015, penjualan moge terlaris Honda ditempati oleh CB650F ABS yang berhasil membukukan penjualan sebesar 25 unit.

Moge terlaris kedua ada Honda CB500X ABS yang berselisih satu unit yakni terjual 24 unit. Kemudian ada Honda CB500F sebanyak 16 unit, CBR650F dan motor futuristik NM4 Vultus yang masing-masing berhasil terjual 13 unit. Sementara big bike Honda CBR1000RR berhasil terjual sebanyak 10 unit.

Menimbang target penjualan yang sudah tercapai, AHM dikabarkan sudah ancang-ancang untuk merilis model terbaru untuk konsumen Tanah Air. Meskipun saat ditanyakan mengenai model selanjutnya yang bakal diluncurkan Honda, AHM masih belum bersedia memberikan bocorannya. Namun yang jelas kemungkinan besar tahun 2016 ini, AHM siap menggelontorkan moge model terbaru di Indonesia. Mengingat saat ini pasar motor bersegmen premium memang cukup potensial untuk dijajaki. Baca juga Kawasaki Ninja 250R Terbaru Segera Meluncur dengan Banyak Perubahan dan TVS Apache RTR 200 4V Resmi Dijual di Indonesia.

Top