Riset: Kamera di Helm Tidak Berbahaya

Pemasangan Kamera pada Helm Tak Membahayakan – Bagi anda yang senang beraksi atau sering merekam perjalanan mengendarai sepeda motor, pasti mengenal piranti kamera yang terpasang pada kamera. Saat ini memang banyak bikers yang menggunakan kamera aksi yang dipasang pada helmnya. Namun, apakah pemasangan kamera di helm ini tidak mengundang bahaya ya?

pemasangan-kamera-pada-helm-tak-membahayakan

Hasil penelitian yang dilakukan Transport Research Laboratory dan BBC menunjukkan bahwa helm yang dipasangi kamera ternyata tidak membahayakan penggunanya. Fakta tersebut juga menyanggah kekhawatiran yang ada sebelumnya. Sebelumnya, banyak kalangan yang memang mengkhawatirkan potensi bahaya yang timbul akibat pemasangan piranti kamera aksi pada helm.

Advertisement

Seperti dilansir laman otoDetik dari Visordown pada Kamis (21/1), penelitian telah dilakukan di sejumlah kota di Inggris beberapa waktu lalu itu guna mencari tahu potensi bahaya pemasangan kamera pada helm terhadap potensi kecelakaan. Helm yang diteliti terdiri dari beberapa jenis mulai dari helm bercangkang keras, hibrida, serta jenis EPS busa.

Sebagai acuan dari penelitian tersebut adalah peraturan Uni Eropa 22.05 yang merupakan standar keamanan untuk helm sepeda motor. Dalam penelitian tersebut turut didemonstrasikan penempatan kamera pada beberapa posisi di helm, yakni pada bagian samping, depan (atas sisi depan atau di bagian jidat) serta bagian atas helm.

Lalu, penelitian mengukur dampak dari pemindahan energi dari bobot kamera tersebut  terhadap bagian helm dimana kamera tersebut dipasang. Setelah dilakukan simulasi pemasangan kamera pada helm yang digunakan oleh pengendara motor, hasil yang diperoleh adalah pemasangan kamera pada helm ternyata tak memiliki korelasi pada meningkatnya resiko kecelakaan atau cedera kepala.

“Adanya kekhawatiran tentang pemasangan kamera di helm telah memicu keinginan untuk membuktikan dampak keamanan memperbaiki kamera untuk helm. Hasilnya menggembirakan, bahwa berbagai konfigurasi yang telah diuji menunjukan masih memenuhi standar keamanan,” ujar Richard Cuerden, Kepala Riset Ilmuwan di TRL.

Meski memperoleh hasil yang cukup memuaskan, namun Cuerden tetap menyarankan agar pemasangan kamera pada helm tetap sesuai dengan prosedur keselamatan, dan pastinya jangan sampai pemasangan kamera tersebut tak sampai menghalangi pandangan mata. Baca juga AHM Penuhi Target Penjualan Moge di Indonesia dan TVS Apache RTR 200 4V Resmi Dijual di Indonesia.

Top