Suzuki Ertiga Racikan Indonesia Siap Diekspor ke Malaysia

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Segera Diekspor ke Malaysia – Ternyata low-MPV Suzuki Ertiga rakitan Indonesia tak hanya digemari oleh konsumen dalam negeri saja. Melainkan juga negara tetangga, yang masih serumpun juga berminat dengan mobil keluarga ini. Dikabarkan melihat potensialnya pasar mobil keluarga di negeri Jiran, Malaysia siap mengimpor Suzuki Ertiga secara Completely Knocked Down (CKD) dari Tanah Air.

Suzuki Ertiga Racikan Indonesia Siap Diekspor ke Malaysia

Hal ini juga dikonfirmasi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merupakan pemegang merk resmi Suzuki di Indonesia, yang menyampaikan jika pihaknya diplot untuk menyuplai Suzuki Ertiga. Diungkapkan oleh Davy J. Tuilan, selaku Deputy Managing Director 4W PT SIS, saat ini sudah ada sebanyak 1.500 unit Suzuki Ertiga yang siap dikapalkan menuju Malaysia pada tahun ini.

“Suzuki rencana eskpor 1.500 unit perbulan seterusnya ke Malaysia. Ini berdasarkan prediksi sales yang disepakati. Setahun kira-kira 18 ribuan, atau setara Rp 2 triliun,” ujar Davy, dikutip dari laman Otomotifnet, hari Jumat (22/1).

Jika dihitung-hitung angka ekspor tersebut merupakan angka yang cukup fantastis untuk nilai ekspor unit kendaraan. Pihak SIS sendiri mengaku antusias pihaknya ditunjuk untuk menyuplai Suzuki Ertiga ke Malaysia. Dengan adanya kebijakan ekspor ini, PT SIS kini bakal meningkatkan kapasitas produksi dua kali lipat daripada biasanya.

“Ini yang bikin kita happy, karena kita mendobelkan bisnis kita,” tambah Davy.

Sementara itu mengenai kapan waktu pengiriman Suzuki Ertiga ke negara tetangga, diprediksi akan terlaksana pada kuartal pertama tahun ini atau tepatnya adalah bulan Mei 2016 mendatang. Untuk unit Suzuki Ertiga yang disuplai, merupakan unit yang diproduksi di pabrik Suzuki, di Cikarang, Jawa Barat. PT SIS juga belum ada rencana untuk menambah fasilitas yang ada, karena menurutnya saat ini fasilitas yang dimiliki Suzuki dinilai sudah cukup dalam memenuhi kapasitas produksi.

“Menggunakan fasilitas yang sudah ada saja, kapasitasnya kan bisa 5.000-an unit,” pungkas Davy.

Sebelum Malaysia, Suzuki Ertiga sejatinya juga sudah dieskpor oleh PT SIS ke negara ASEAN lainnya seperti Vietnam, Filipina, Thailand, hingga Brunei Darussalam. Baca juga Bocoran Spesifikasi Mesin Datsun Go-Cross Beredar dan Ini Alasan Mitsubishi Hanya Sematkan Mesin Baru pada All New Pajero Sport Tipe Dakar.

Top