Suzuki Ertiga Indonesia di Malaysia Bakal Dipasarkan Oleh Proton?

Kerjasama  dengan Proton Edar, Malaysia Pasarkan Ulang Suzuki Ertiga dengan Emblem Proton – Atas rencana Indonesia melakukan ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia, rupanya hal ini juga berpengaruh atas kerja sama yang dijalin dnegan Proton Edar. Kabarnya, Suzuki Ertiga Indonesia tersebut akan dipasarkan ulang di Malaysia oleh Proton dengan merek lokal. Benarkah?

kerjasama-dengan-proton-edar-malaysia-pasarkan-ulang-suzuki-ertiga-dengan-emblem-proton

Menanggapi hal ini, Davy Jeffry selaku Wakil Direktur Pelaksana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti akan hal tersebut. Yang pasti Suzuki Ertiga ini akan diekspor dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) dari Indonesia ke Malaysia.

Advertisement

Sebelumnya, kabar tersebut berasal dari informasi yang tertulis pada Palutan.org yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Jumat (22/01/2016) yangn mneuliskan bahwa kerja sama antar diler Suzuki Malaysia dan Proton Edar sudah dirumuskan sampia hal-hal terkecil. Bahkan konfirmasi atas hadirnya model baru yang dikembangkan bersama juga telah diagendakan hingga peluncuran sampai akhir tahun ini.

Hal tersebut kemudian dimantapkan oleh penuturan Datuk Abdul Harith Abdullah selaku CEO Proton yang menyatakan, “Hari ini saya gembira mengumumkan kalau kolaborasi ini tonggak sejarah besar memberikan Proton keuntungan, dengan tambahan vendor, diler serta tenaga kerja ahli untuk berbagai platform serta teknologi,” begitu ujarnya.

Suzuki sendiri akan menyediakan panduan secara teknis dan lebih spesifik untuk produk dalam kolaboirasinya dan tak lupa mnegambil keuntungan dari jaringan distribusinya. Bahkan rencana ke depan bakal ada lebih dari satu model mobil kolaborasi yang dipasarkan.

Sementara itu, Davy menyatakan bahwa Suzuki Ertiga yang diekspor dalam bentuk CKD tersebut memang sama dnegan model yang dipasarkan di pasar lokal. Meskipun untuk produk yang diekspor ke Malaysia tersebut telah menyesuaikan standar homologasi standar di Negara yang berlaku khususnya pada sektor keselamatan.

Hingga saat ini memang masih belum ada bocoran yang terkait nama yang hendak digunakan oleh Proton untuk Ertiga di Malaysia. Namun yang pasti kendaraan ini hanya khusus dipasarkan di pasar lokal Malaysia saja, bukan untuk diekspor kembali ke Negara lain. Baca juga Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Segera Diekspor ke Malaysia dan Toyota Launching All New Fortuner Hari Ini

Top