Penjualan Akhir Tahun, Yamaha Vixion Kembali Unggul Dari Honda CB150R

Yamaha Vixion Advance Kembali Mendominasi Pada Penghujung Tahun – Yamaha Vixion Advance dikabarkan akan mengalami penurunan penjualan secara signifikan, karena kedatangan All New Honda CB150R Streetfire yang dinilai banyak pihak bakal menjungkalkan dominasinya. Ternyata hal tersebut belum terbukti benar, setidaknya sampai akhir tahun 2015, kedigdayaan nakedbike dari Yamaha tersebut belum bisa tertandingi. Pada bulan Desember 2105 yang lalu, ternyata gelar raja motorsport berhasil direbut kembali oleh Yamaha Vixion Advance.

Yamaha Vixion Advance Kembali Mendominasi Pada Penghujung Tahun

Dimana dari data penjualan yang dilansir Otomania, penjualan Yamaha Vixion Advance pada bulan Desember 2915 berhasil terjual sebanyak 23.324 unit. Data ini didapat dari laporan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) untuk penjualan sepeda motor di bulan Desember 2015.

Sedangkan All New Honda CB150R juga masih menempel ketat dengan penjualan sebanyak 20.792 unit pada akhir tahun lalu. Selisihnya terbilang cukup tipis sebesar 2.532 unit dari Yamaha Vixion Advance. Sebelumnya diketahui nakedbike 150 cc dari Honda tersebut, berhasil mengobrak-abrik dominasi Yamaha Vixion Advance sepanjang bulan Oktober sampai November 2015. Dari total penjualan pada bulan Oktober – November 2015, tercatat All New Honda CB150R berhasil membukukan penjualan sebesar 27.050 unit dilanjutkan 24.000 unit pada periode selanjutnya.

Sementara pada saat itu, Yamaha Vixion Advance hanya berhasil terjual sebanyak 17 – 18 ribuan unit saja. Akibatnya, Yamaha mesti merelakan dominasinya di segmen motorsport direbut oleh Honda. Sedangkan ketika dikonfirmasi mengenai menurunnya penjualan Yamaha Vixion Advance pada periode tersebut, YIMM mengungkapkan jika pada Oktober sampai November tahun lalu, pihaknya sedang melakukan normalisasi stok agar tidak terjadi penumpukan unit Yamaha Vixion Advance di diler-diler Yamaha.

Secara total penjualan pada tahun 2015, bisa disimpulkan jika Yamaha Vixion Advance masih menjadi rajanya motorsport di Indonesia dengan total penjualan sampai 275.261 unit. Di posisi kedua All New Honda CB150R terus mengancam dengan penjualan mencapai 112.615 unit.

Di tahun 2016 diprediksi persaingan antara kedua motorsport ini bakal semakin sengit. Jika tak segera menyiapkan strategi khusus, bukan tidak mungkin dominasi Yamaha Vixion Advance akan terancam oleh All New Honda CB150R yang penjualannya terus mengalami trend positif. Baca juga Bedah Keunggulan TVS Apache RTR 200 4V dan Moto Guzzi V6 Racer dan Stone Siap Unjuk Gigi di IMA 2016.

Top