Sukses dengan LCGC, Honda Siapkan Mobil LCEP di Indonesia

Honda Mulai Pelajari Mobil Berjenis LCEP di Indonesia – Jika kita amati perkembangan industri otomotif khusunya roda empat di Indonesia beberapa waktu belakangan. Pastinya kita sepakat mengenai eksistensi dari segmen mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC) yang ternyata kehadirannya langsung mendapat respon positif dan berhasil menjadi trend baru dalam industri mobil di Tanah Air. Kini setelah sukses dengan mobil bersegmen LCGC, konon Honda sudah menyiapkan sebuah program berupa mobil Low Carbon Emission Program (LCEP).

Honda Mulai Persiapkan Mobil Berjenis LCEP di Indonesia

Untuk maksud dari mobil LCEP, ternyata mobil segmen ini memiliki arti yaitu mobil yang memiliki tingkat emisi karbon yang rendah. Umumnya mobil LCEP mempunyai konsumsi BBM di takaran 1:20 dan 1:28. Direncanakan mobil LCEP siap meluncur pada tahun ini. Tetapi masih belum diketahui kesiapan dari para pabrikan mengenai mobil LCEP yang bakal rilis di Tanah Air.

Dikonfirmasi mengenai kesiapan dari Honda akan mobil LCEP, saat ini rupanya PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku sedang mempelajari kemungkinan mobil baru ini di Tanah Air.

Advertisement

“Kita sudah dengar itu, lagi kita pelajari. Program ini memang tidak terbatas kelas rendah atau kecil. (Hal) Paling penting emisi sampai berapa, itu dapat intensif,” ujar Jonfis Fandy, selaku Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), dikutip dari Otomotifnet.com, hari Senin (25/1).

Dipaparkan pula oleh Jonfis, jika saat ini mobil bersegmen LCEP bukan hanya akan menjadi trend selanjutnya di Indonesia saja. Melainkan seluruh dunia juga akan memproduksi mobil LCEP sebagai arah produksi selanjutnya. Sebab saat ini, mobil dengan emisi karbon rendah diperlukan untuk menjamin kelangsungan alam. Selain itu untuk ke depannya, setiap pabrikan dituntut untuk memproduksi kendaraan emisi rendah sesuai regulasi yang ditetapkan.

Sebenarnya mobil dengan emisi karbon rendah nol persen tidak hanya merujuk pada mobil berjenis LCEP saja, melainkan juga pada mobil berjenis hybrida yang saat ini juga sudah diproduksi. Lalu jika benar akan merilis mobil LCEP di Indonesia, model apa yang akan digunakan Honda?

“Tergantung peraturannya, apa ada yang cocok dengan model Honda atau kita bikin baru. Sekarang belum tahu teknisnya seperti apa, kita lihat saja” tutup Jonfis. Baca juga Toyota: Fortuner Semakin Diterima Pasar Global dan Brabus Kembali Lakukan Program Tuning untuk Mercedes C450 AMG 4MATIC.

Top