Sienta untuk Lawan Freed?

Toyota Kaji Debut Sienta di Indonesia – Toyota dirumorkan bakal segera melepas satu lagi produk kendaraan terbarunya ke pasar otomotif Indonesia. Mobil baru lansiran Toyota itu dipercaya adalah Toyota Sienta, yang merupakan varian multi purpose vehicle (MPV) kelas atas. Digadang-gadang, Toyota Sienta ini akan bersaing dengan Honda Freed dan juga Mazda Biante.

toyota-kaji-debut-sienta-di-indonesia

Rumor mengenai bakal segera hadirnya Toyota Sienta di Indonesia memang semakin menguat setelah pihak Toyota kedapatan sedang menguji coba mobil tersebut. Namun meski sudah kedapatan menguji coba Sienta, pihak Toyota Astra Motor (TAM) sendiri hingga kini masih ‘no comment’  soal Sienta.

Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak menampik soal Toyota Sienta yang tengah diuji.

“Kalau pengujian itu sering dilakukan di Indonesia. Hanya sebatas pengujian,” katanya.

Ketika dikonfirmasi apakah pengujian Sienta akan membuka peluangnya untuk dipasarkan di Indonesia, Henry menjawab dengan nada diplomatis.

“Keputusannya selalu dikaji,” imbuh pria ramah tersebut.

Advertisement

Sebagai informasi, Toyota Sienta sendiri memang sudah diperkenalkan di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu, Toyota Sienta hadir dengan opsi mesin dengan seri 2NR-FKE (1,5 liter), 1NZ-FE (1,5 liter), dan  1NZ-FKE. Sienta juga disediakan dalam tipe hibrida. Untuk fitur keselamatannya, Toyota Sienta punya pre-collision system (PCS), lane departure lane (LDA), dan automatic high beam (AHB).

Jika memang benar Sienta akan diboyong oleh Toyota ke Indonesia, maka bisa dipastikan mobil tersebut akan bersaing dengan varian high MPV lainnya, khususnya Honda Freed. Honda Freed sendiri saat ini bisa dibilang ‘bermain’ sendirian di segmen high MPV mengingat pesaingnya tak terlalu banyak. Kedatangan Sienta juga kemungkinan akan menggantikan peran Toyota Nav1 yang kabarnya bakal ‘disuntik mati’ setelah kemunculan All New Kijang Innova.

Sementara itu, Honda sendiri juga sudah menyiapkan versi baru dari Freed. Mereka dipercaya tengah menyiapkan mesin baru untuk dibenamkan pada Freed. Honda dikabarkan tengah menyiapkan mesin VTEC Turbo pada Freed generasi baru. Mesin bensin 1.0L tiga silinder VTEC Turbo pada generasi baru Freed menjanjikan tenaga 127 Tk. Bila kabar ini benar, mesin anyar ini akan mengganti mesin 1.5 liter empat silinder naturally aspirated i-VTEC yang tersemat pada Freed generasi lama. Baca juga Toyota Astra Motor Tanggapi Isu Rilisnya Sienta di Indonesia dan Honda Mulai Pelajari Mobil Berjenis LCEP di Indonesia.

Top