Ford Indonesia Resmi Berhenti Operasi

Sulit Bersaing, Ford Motor Indonesia Bubar– Menyusul Chevrolet yang memilih hengkang dari Indonesia, hal serupa juga dilakukan oleh Ford Motor Indonesia (FMI) yang secara mengejutkan mengumumkan tidak akan lagi beroperasi di Indonesia. Hal tersebut diumumkan melalui website resmi FMI, kemarin (25/1).

Ford Indonesia Resmi Berhenti Operasi

Alasan FMI memilih untuk tidak lagi melanjutkan bisnisnya di Indonesia ditengarai karena sulit bersaing di Indonesia, terutama dengan pabrikan Jepang yang terus mendominasi. Untuk itu langkah terbaik menurut Ford adalah menutup semua kegiatan operasionalnya, dealer resmi, impor dan penjualan mobil-mobilnya di Tanah Air. Pemberhentian kegiatan operasional FMI sedianya akan dilakukan mulai semester kedua tahun 2016 ini.

Advertisement

Terkait dengan penjualan mobil Ford di Indonesia, sebenarnya juga tidak terlalu buruk untuk ukuran mobil non-Jepang. Dimana dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada periode tahun 2015 lalu, penjualan mobil Ford masih terbilang lumayan, bahkan jika dibandingkan ATPM mobil lainnya di luar Jepang.

Dari data GAIKINDO tersebut, Ford mampu mencatatkan penjualan sebesar 6.103 unit pada tahun 2015. Asumsinya, FMI sebenarnya mampu menjual sebanyak 300 hingga 400 unit perbulannya. Jika dibandingkan dengan ATPM non-Jepang lainnya, Ford masih memimpin di atas Kia, Chevrolet, dan Tata Motors.

Dari data GAIKINDO juga disebutkan untuk mobil Ford yang paling laris adalah Ford Ecosport, dimana pada tahun 2015 mobil ini berhasil terjual sebanyak 3.331 unit. Di tempat kedua ada Ford Fiesta yang mampu mencatatkan penjualan hingga 891 unit.

Dengan berhentinya kegiatan operasiona FMI di Indonesia tentu disayangkan oleh banyak pihak, mengingat untuk nilai historisnya Ford sudah lama malang melintang di Tanah Air. Tercatat Ford memulai debutnya di Indonesia sejak tahun 1989. Namun secara resminya, Ford mulai serius menjajaki pasar Indonesia pada tahun 2009 dengan mendirikan PT Ford Motor Indonesia.

Sejak didirikannya FMI, Ford langsung ikut serta mewarnai perkembangan industri mobil di Indonesia. Berbagai mobil dari Ford turut hadir memeberikan citarasa baru untuk konsumen dalam negeri, seperti Ford Ranger, Ford Everest, sampai Ford Focus. Dan kini setelah sekian tahun lamanya, akhirnya Ford memilih menyerah pada keadaan. Baca juga Toyota Kaji Debut Sienta di Indonesia dan Mitsubishi Fuso Tetap Jadi Market Leader di Segmen Kendaraan Niaga di Tahun 2015.

Top