Meski Gulung Tikar, Ford Masih Melakukan Penjualan?

Hengkang dari Indonesia, Ford Masih Tetap Menjual Produknya Hingga Beberapa Bulan ke Depan – Baru saja kabar mengejutkan hadir dari PT Ford Indonesia. Pasalnya, perusahaan telah mengumumkan penutupan atas operasionalnya di pabrik Indonesia.

hengkang-dari-indonesia-ford-masih-tetap-menjual-produknya-hingga-beberapa-bulan-ke-depan

Namun, rupanya keputusan dari Ford Motor Global yang dilatar belakangi oleh tidak adanya keuntungan yang didapatkan di pasar nasional ini tidak semerta-merta menutup seluruh operasional. Mengingat masih ada beberapa produk yang tersisa di pabrik, maka Ford Indonesia tetap melakukan penjualan hingga beberapa bulan ke depan jika memang masih ada konsumen yang menginginkan produknya.

Berdasarkan kutipan yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Selasa (26/01/2016),”Masih dijual sampai beberapa bulan ke depan di semua diler, kalau konsumen masih mau. Yang jelas kami sudah mengomunikasikan secara transparan terhadap diler, konsumen dan calon konsumen,” ujar Direktur Komunikasi FMI, Lea Kartika Indra.

Lea sendiri masih belum memastikan bagaimana kelanjutan dari sisa stok yang ada di 44 diler FMI. Namun, dirinya mengatakan bahwa kemungkinan besar stok tetap ada meskipun jumlahnya hanya sedikit. Terkait bagaimana cara menjual sisa stok yang ada masih akan dikomunikasikan lebih lanjut lagi.

separator

Ditutupnya Ford Indonesia, sebetulnya bukan karena kendaraan produksinya tidak memiliki penggemar. Bahkan pelayanan yang diberikan juga tergolong bagus. Lalu, untuk angka penjualan pada periode tahun lalu juga tidak terlalu mengecewakan dengan angka perolehan 6.103 unit. Meskipun untuk market share hanya bisa berkontribusi sebesar 0,6 persen dari total penjualan nasional tetapi hal itu bukanlah hal yang sangat buruk. Parodusen lain bahkan ada yang pernah mendapatkan angka penjualan di bawahnya.

Hanya saja Ford sendiri memang mengalami kesulitan untuk bersaing dengan produsen lain di pasaran Indonesia, khususnya beberapa pabrikan Jepang yang hampir setiap periode selalu mendominasi.

Yang jelas, hingga saat ini keputusan untuk menutup operasi dari Ford Indonesia menjadi salah satu perbincangan di kalangan penggemarnya. Bahkan banyak yang merasa kecewa, terutama bagi konsumen yang telah menantikan produk-produk terbaru Ford dengan kualitasnya yang tidak bisa dianggap remeh.

Dengan ditutupnya FMI, maka telah berkurang satu warna yang meramaikan persaingan di pasar industri otomotif Indonesia. Baca juga Sulit Bersaing, Ford Motor Indonesia Bubar dan Impor Langsung Mercy Maybach S 500 dari Eropa Inden Tiga Bulan

Top