Kedatangan Yamaha Xabre 150 Bakal Gerus Pasar Byson dan V-Ixion?

Resmi Meluncur, Xabre Tak akan Bunuh Sport 150 Yamaha Lainnya – Masih dalam euforia perilisan nakedbike yang lama ditunggu-tunggu, yakni Yamaha Xabre 150. Melibatkan pebalap gaek, Valentino Rossi, Yamaha Xabre 150  resmi dibanderol dengan harga Rp 29,8 jutaan OTR DKI Jakarta.

Kedatangan Yamaha Xabre 150 Bakal Gerus Pasar Byson dan V-Ixion?

Kini setelah sudah jelas mengenai nama yang diusung oleh kembaran M-Slaz di Thailand ini dan juga harganya, pertanyaan selanjutnya yang menyelimuti publik adalah mengenai kelangsungan line-up motorsport 150 cc Yamaha setelah kedatangan Xabre 150. Seperti yang kita ketahui, saat ini tercatat YIMM memiliki banyak motor di segmen tersebut, antara lain Yamaha R15, V-Ixion, Byson, dan sekarang ditambah Xabre. Lalu, dengan ikut sertanya Xabre mengisi segmen motorsport 150 cc YIMM, apakah motor ini berpotensi menggerus pasar motorsport Yamaha lainnya?

“Tidak akan ganggu. Segmentasinya berbeda-beda. Kalau Byson itu untuk yang ingin gagah (konsumen), namun budget terbatas. Lalu, V-Ixion yang model umum dengan anggaran lebih, R15 juga. Sementara, Xabre kategori baru,” ujar Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dilansir dari laman Viva.co.id, hari Rabu (27/1).

Masykur juga menambahkan jika Yamaha Xabre 150 didatangkan dengan tujuan mengisi segmen pasar di bawah Yamaha MT-25. Motor ini ditujukan untuk konsumen yang menginginkan naked bike high-end yang berada di antara celah Yamaha V-Ixion Advance dan Yamaha MT-25. Sementara itu, YIMM juga bermaksud menciptakan pasar baru pasca kedatangan Yamaha Xabre 150 ini di Indonesia.

Dari penuturan Masykur, ia mengatakan jika Xabre 150 adalah flagship yang benar-benar fresh dari Yamaha dan diproduksi sendiri di Indonesia, tepatnya di pabrik yang terletak di Pulogadung, Jakarta. Lantas mengenai persaingan dengan motor dari kompetitornya, Masykur mengungkapkan jika Yamaha Xabre 150 saat ini adalah yang paling beda.

“Ini betul-betul konsep terbaru, beda dengan kompetitor. Motor ini diproduksi di Indonesia dan 80 persennya komponen lokal,” imbuhnya.

Tak hanya di Indonesia saja, rencananya YIMM juga bakal menjual motor bergenre street fighter ini ke beberapa negara di Asia Tenggara. Namun untuk jangka pendeknya, YIMM masih fokus pada strategi promosi dan pendistribusian di Tanah Air terlebih dulu. Baca juga Yamaha Xabre 150 Resmi Dirilis dan Yamaha MT-09 Siap Jadi Line-up Baru di Indonesia.

Top