Serupa Tapi Tak Sama, M-Slaz dengan Xabre Punya Perbedaan

YIMM Ungkap Perbedaan M-Slaz dengan Xabre – Hingar bingar perilisan motor naked bike Yamaha Xabre 150 masih mengundang banyak pertanyaan dari beberapa pihak. Sebelumnya, motor bergenre street fighter ini memang sudah lebih dulu meluncur di Thailand dengan nama Yamaha M-Slaz, dan sama seperti di Indonesia M-Slaz juga dengan cepat viral di kalangan bikers negeri Gajah Putih. Jika kita amati baik M-Slaz dan Xabre memiliki tampilan yang sama persis, terkecuali pada bagian stripingnya. Namun apakah kedua motor ini benar-benar sama?

YIMM Ungkap Perbedaan M-Slaz dengan Xabre

“Secara spesifikasi teknis sebenarnya sama persis, tapi ada satu komponen yang membedakan. M-Slaz pakai canister, sedang Xabre enggak menggunakan,” terang M. Abidin, GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dikutip dari laman Otomotifnet, hari Kamis (28/1).

Tabung canister adalah sebuah komponen yang berhubungan dengan emisi pembuangan. Fungsi utama dari canister ini adalah penampung gas seperti dari buangan bensin di tangki, begitu jelas Masykur. Disematkannya tabung canister di M-Slaz merupakan wujud dari regulasi dari pemerintah Thailand yang mewajibkan setiap kendaraan bermotor harus ramah lingkungan.

“Maklum standar emisi Thailand kan memang lebih ketat dari kita (Indonesia),” tambah Masykur.

Advertisement

Jika kita selidiki, tabung canister di Thailand tidak hanya bisa dijumpai di Yamaha M-Slaz saja, melainkan banyak motor keluaran baru yang dirilis juga membekali komponen serupa. Hal inilah yang membedakan dengan Xabre 150 versi Indonesia dimana belum dibekali canister, mengingat regulasi emisi gas buang di Tanah Air memang tak seketat Thailand.

Untuk spesifikasi teknis yang lain, kedua motor ini masih membawa spesifikasi teknis yang sama dengan mengadopsi mesin 150cc Liquid Cooled, berpengabut bahan bakar Fuel Injection, dan transmisi 6 percepatan. Platform mesin ini notabene merupakan paltform mesin dari V-Ixion dan R15. Termasuk rasio kompresinya juga sama persis 10,4:1.

Senjata utama Zabre selanjutnya adalah shok Up-side Down yang ditaksir berharga Rp 5 jutaan plus lengan ayun aluminium. Berbuntut pendek, Xabre 150 menawarkan tampilan eksklusif dengan lebar velg identik R25 dan ban gambot depan belakang. Baca juga Resmi Meluncur, Xabre Tak akan Bunuh Sport 150 Yamaha Lainnya dan Yamaha Xabre 150 Resmi Dirilis.

Top