Asyik, Upside-down Xabre Bisa Dipakai V-ixion atau R15!

Upside-down pada Yamaha Xabre Bisa Diaplikasikan untuk V-ixion atau YZF-R15 – Salah satu fitur menarik yang ada pada Yamaha Xabre 150 adalah penggunaan suspensi upside-down pada bagian depannya. Asyiknya lagi, fitur upside-down atau sering disebut USD ini bisa diaplikasikan untuk produk lain. Tertarik memakainya?

upside-down-pada-yamaha-xabre-bisa-diaplikasikan-untuk-vixion-atau-yzf-r15

Suspensi upside-down sendiri merupakan sistem suspensi dengan model terbalik. Suspensi model seperti ini menawarkan tampilan yang kekar sekaligus sporti, karena awalnya lebih jamak dipakai di moge.

Menurut Ridwan Arifin dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), upside-down pada Yamaha Xabre menggunakan as berdiameter 37 mm, sehingga tampilannya terlihat semakin kekar.

Kerennya lagi, ternyata upside-down pada Yamaha Xabre bisa dipakai pada Yamaha V-ixion atau R15. Hal ini karena secara basic, platform Xabre memang masih sama dengan V-ixion dan juga R15.

“Bisa, karena komstir sama tapi harus satu set dengan segitiganya,” terang Ridwan.

Penyesuaian yang harus dilakukan jika ingin mengaplikasikan upside-down Xabre, menurut Ridwan, ada di bagian as roda. Karena lebih lebar, maka harus dibuatkan bushing baru pada V-ixion atau R15.

“Kalau mau enggak ribet ganti peleknya sekalian,” sarannya.

Selain itu, satu lagi yang harus disesuaikan adalah kaliper rem depan, yang harus ditambah braket agar tetap bisa menjepit cakram dengan sempurna. Sedikit ganjalan mungkin pada harga upside-down Yamaha Xabre yang menembus kisaran Rp 5 jutaan.

Sebagai informasi, Yamaha Xabre 150 secara resmi diluncurkan pada Selasa (26/1) kemarin di The Mulia Hotel Nusa Dua, Bali. Desain Xabre sekilas identik dengan Yamaha M-Slaz yang diluncurkan di Thailand beberapa waktu yang lalu. Desainnya tak biasa, minimalis dan mempertontonkan kaki-kaki yang kekar. Suspensi depannya sudah upside down, yang belakang monoshock dengan swing arm aluminium casting.

Yamaha Xabre juga menggunakan ban berukuran gambot, depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17. Posisi duduknya juga unik, bukan cuma tegak tapi juga condong ke depan sehingga tampak lebih agresif.

Yamaha Xabre 150 dipasarkan dengan banderol Rp 28,9 jutaan. Motor baru Yamaha berkapasitas mesin 150cc ini didukung transmisi 6 percepatan yang basiknya diambil dari jantung yang sama pada YZF-R15 dan V-Ixion. Baca juga YIMM Ungkap Perbedaan M-Slaz dengan Xabre dan Kawasaki Z125 Segera Meluncur di Tanah Air.

Top