Toyota Resmi Beli Daihatsu

Daihatsu Segera Menjadi Milik Toyota Sepenuhnya – Desas-desus mengenai rencana Toyota akan membeli Daihatsu akhirnya terbukti benar. Diberitakan oleh Paultan, Senin (1/2) kemarin, mengungkapkan bahwasanya Toyota sepakat membeli seluruh saham Daihatsu. Berita ini tentunya sudah bukan lagi menjadi kejutan, sebab sebelumnya memang santer diberitakan jika Toyota akan merger dengan Daihatsu.

Toyota Resmi Beli Daihatsu

Mengenai proses pembelian sedianya akan rampung paling tidak bulan Agustus 2016 mendatang. Jika proses pembelian sudah selesai, maka Daihatsu resmi berada di bawah naungan Toyota Motor Corporation (TMC). Namun meskipun bakal menjadi milik Toyota, Daihatsu tetap meluncurkan mobil dengan brand sendiri.

Tentunya dengan pembelian Daihatsu kian memantapkan posisi Toyota di jagat industri roda empat. Apalagi Toyota memang berambisi menjadi pabrikan mobil terbesar di dunia. Sementara untuk proses kepemilikan ini, bakal ada tiga ketentuan mutlak yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Pertama, Daihatsu akan lebih berkonsentrasi dalam hal pengembangan mobil kecil atau kei car, dimana untuk sektor yang satu ini Daihatsu dianggap oleh Toyota sudah mumpuni dan teruji.

Kedua, antara Daihatsu dan Toyota siap bertukar informasi mengenai teknologi serta mengembangkannya bersama-sama, mulai dari tahap konsep hingga produksi. Untuk Toyota diplot pada pengembangan teknologi keamanan, kenyamanan, dan pengalaman berkendara, sedangkan Daihatsu lebih pada teknologi ramah lingkungan dan juga mobil yang memiliki biaya produksi rendah.

Terakhir, antara Daihatsu dan Toyota saling bahu-membahu dalam strategi penjualan serta layanan purna jual-nya. Untuk sektor yang satu ini, keduanya akan fokus pada layanan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dalam tiga syarat utama yang telah disepakati tersebut memang antara satu sama lain memiliki kewenangan yang sama. Selain itu, dengan proses akuisisi ini, diharapkan bisa memperkuat pasar baik untuk Daihatsu maupun Toyota.

“Saya yakin kerjasama dengan Toyota akan jauh lebih kokoh lagi, bisa lebih menjamin potensi pertumbuhan bagi Daihatsu sekaligus menaikkan standar merek ini ke jenjang yang ebih tinggi di pasar global,” ungkap Masanori Mitsui, President DMC, dikutip dari laman Otomotifnet.com, hari Selasa (2/2). Baca juga Auto Expo 2016 Bakal Kedatangan All New Toyota Innova dan Steve Zadesky, Kepala Proyek Mobil Listrik Apple Mengundurkan Diri.

Top