Motor Murah Yamaha Rp 6 Jutaan, Punya Pesaing?

TVS XL 100, Diprediksi Sebagai Pesaing Yamaha INDRA – Belakangan ini publik tengah dihebohkan atas kehadiran sepeda motor termurah racikan Yamaha India yang dinamai INDRA (Inovative and New Development based on Responsible Alalysis). Memang belum buka selubung secara keseluruhan, manun rupanya pesaing dari INDRA telah mulai bermuculan, salah satunya adalah sepeda motor produk lokal asli India yaitu TVS dengan XL 100 nya.

tvs-xl100-diprediksi-sebagai-pesaing-yamaha-indra

Sebelumnya, sepeda motor produksi TVS tersebut telah diperkelankan terlebih dahulu di Uttar Pradesh, yaitu Negara bagian utara India dengan jumlah penduduk terpadat. Motor bebek itu diperkenalkan tepatnya pada bulan Oktober 2015 lalu. Setelah itu, XL 100 diluncurkan di Tamil Nadu dengan harga 29.536 rupee atau setara dengan Rp 5,9 jutaan. Harga ini memang cukup bersaing dengan Yamaha INDRA.

Namun, persaingan keduanya baru sebatas harga saja. Untuk spesifkasi belum disa dipastikan secara jelas karena untuk motor super murah dari Yamaha INDRA ini masi samar, apakah akan benar-benar bersaing dengan XL 100 atau tidak.

Advertisement

Untuk XL 100 sendiri, mrmbawakan mesin 4-tak, 1-silinder dengan 99,7 cc. Motor ini membawakan pendingin udara serta menghasilkan tenaga pacu sebesar 41 tk dan torsi 6,3 Nm. Untuk kecepatan maskimal, XL 100 sanggup memacu kecepatan hingga 60 kpj dengan konsumsi bahan bakar mencapai 67 km per liter. XL 100 mengaplikasikan girbox dengan satu percepatan berkopling centrifugal wet type.

Sementara pada bagian kaki depan, sepeda motor ini telah mengadopsi suspense teleskopik, dan pada bagian belakang terdapat swing arm plus shockbreaker hidrolis. Dengan kedua buah ban yang berukuran 16 inci lengkap dengan rem tromol membuatnya semakin terlihat gagah. Untuk berat secara keseluruhan, sepeda motor murah ini adalah 130 kg, kapasitas tangki bahan bakar sebesar 4 liter, serta jarak poros antar kedua roda adalah 1,215 meter.

Sementara dari informasi yang terdengar, bahwa proyek INDRA dari Yamaha India ini membawakan mesin 4tak sebesar 100-110 cc dengan pendingin udara. Sementara itu kabarnya, untuk menekan harga jual, Yamaha tidak akan menyematkan fitur-fitur seperti velg alloy, starter elektrik dan rem cakram. Baca juga Sepeda Motor Termurah Di Dunia Buatan Yamaha Dinamai INDRA dan YIMM Ungkap Alasan Absennya Standar Tegak pada Yamaha Xabre 150

Top