Penantang CBR150R dan R15 dari Suzuki Meluncur Tahun Ini?

Motor Sport 150cc Full Fairing Besutan Suzuki Meluncur Tahun Ini – Persaingan di segmen sport 150cc nampaknya menarik perhatian Suzuki. Tak memiliki gacoan di segmen paling sengit, tentu Suzuki menjadi penasaran. Dikabarkan akan memboyong Suzuki Gixxer 150 ke Tanah Air, tapi sepertinya Suzuki Indonesia punya rencana lain.

motor-sport-150cc-full-fairing-besutan-suzuki-meluncur-tahun-ini

Tak bisa dipungkiri, persaingan di segmen sport 150cc di pasar otomotif Indonesia kian sengit. Dua pabrikan besar, Honda dan Yamaha, sama-sama mengeluarkan segenap kemampuan terbaiknya di pangsa pasar sport entry level ini. Hal ini tentu membuat Suzuki tak mau ketinggalan.

Selama ini, Honda dan Yamaha memang mendominasi kelas sport pemula. Honda lewat Verza, New MegaPro, CB150R StreetFire, dan CBR150R. Sementara pabrikan Garpu Tala Yamaha menggeber V-ixion, Byson FI, YZF-R15, dan yang paling baru Yamaha Xabre.

Advertisement

Jika dirunut secara historis, sebenarnya Suzuki adalah pionir di kelas sport 150cc lewat generasi Suzuki FXR 150. Setelah FXR dihentikan produksinya, Suzuki justru menyasar pangsa pasar 125cc lewat Suzuki Thunder yang terbukti tak terlalu sukses. Di kelas sport 150cc praktis Suzuki tidak memiliki jagoan. Di atas Thunder, Suzuki hanya memiliki Inazuma yang bertarung di segmen cruiser 250cc. Suzuki pun hanya bergantung pada model underbone Suzuki Satria F150 di pangsa pasar 150cc.

Melihat persaingan yang semakin sengit serta besarnya pasar di segmen sport 150cc, Suzuki pun akhirnya terjun di kelas tersebut. Kabarnya, motor sport dengan platform Suzuki GSX sudah disiapkan.

“Suzuki itu punya tiga kategori produk, yaitu global, series dan tipe. Produk tipe itu maksudnya yang diproduksi khusus untuk Indonesia, seperti Nex. Ada juga produk global dan series yang ditempel, jadi diproduksi buat di Indonesia dan setelah itu dipasarkan ke negara lain,” ujar salah seorang sumber dari Suzuki.

“Untuk produk baru ini, dia (prinsipal Suzuki) gunakan model GSX. Karena di Indonesia ada kelas 150 cc, dia masuk ke situ. Itu merupakan sesuatu yang luar biasa,” tambahnya

“GSX150 (hadir) akhir 2016 karena itu totally baru. Ini berbeda dengan Gixxer tapi dianggap sama seperti di India sebagai model lokal jadi masuk kategori tipe,” pungkasnya.

Jika hal tersebut benar, maka bisa dipastikan persaingan di segmen sport 150cc akan semakin sengit. Pasalnya, Suzuki yang sebelumnya hanya menjadi penonton, kini sudah menyiapkan amunisi terbaiknya di kelas sport 150cc. Baca juga Kawasaki Tak Berminat Bermain di Segmen Motor Sport 150cc dan KYT Support Empat Pebalap di MotoGP 2016.

Top