Setelah 68 Tahun Berkibar, Land Rover Defender Resmi Pensiun

Land Rover Stop Produksi Defender – Bagi publik pecinta kendaraan tangguh pastinya mengenal varian mobil legendaris dari Inggris, yaitu Land Rover Defender. Jika dihitung-hitung, sudah 68 tahun lamanya mobil bersegmen real SUV ini mengaspal di jalanan. Popularitasnya juga tak pernah menurun, kendati pabrikan lain mulai merilis mobil SUV yang tak kalah mentereng. Land Rover Defender sejak dulu, selalu menawarkan sebuah hal yang disukai konsumennya, yaitu orisinalitas.

Setelah 68 Tahun Berkibar, Land Rover Defender Resmi Pensiun

Mobil ini begtu digemari di negeri asalnya, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia mobil 4×4. Pertama kali diperkenalkan pada publik pada tahun 1948, mobil tangguh ini diplot sebagai rival berat untuk Jeep Willys, serta langsung digunakan sebagi kendaraan militer tentara Inggris. Saat itu generasi pertama Land Rover Defender masih menggunakan mesin bensin 1,6 liter yang memiliki power 50hp, hingga kemudian disusul mesin diesel 2.0 liter pada tahun 1957. Setelahnya, Land Rover Defender mengalami facelift terutama dari segi desain lewat Land Rover Series II di tahun 1958 dilanjutkan Land Rover Series IIA di tahun 1961.

Pada tahun 1971, tercatat Land Rover Defender mengalami perombakan dan mengusung nama baru Series III. Revisi berfokus pada bagian crankshaft, transmission, dan wheel hub yang memang banyak dikeluhkan penggunanya. Sementara di bagian interior juga disematkan beberapa perubahan menjadi lebih nyaman, serta mesin baru yaitu 2.25-liter diesel, bensin 2.6-liter diesel dan 3.5-liter diesel.

Beranjak tahun 1983, Land Rover lantas menamakan mobil ini dengan nama Defender yang selanjutnya kita kenal hingga sekarang ini. Secara historis, Land Rover Defender jelas memiliki ikatan sejarah yang cukup kuat, dan sejak varian pertamanya saat mengusung nama Land Rover Series, mobil ini telah terjual sebanyak 2 juta unit ke seluruh belahan dunia. Sedangkan untuk edisi terakhirnya, kita bisa menjumpai Land Rover Defender Adventure Edition, Heritage Edition and Autobiography Edition.

separator

Kini, kiprah sang legendaris mesti berakhir, sebab kendaraan yang akrab dengan dunia militer ini resmi discontinue mulai awal tahun ini. Tetapi jangan khawatir, sebab kendati Land Rover Defender sudah masuk tahap stop produksi, namun mobil SUV multipurpose ini siap comeback di tahun 2017 lewat pengembangan Land Rover DC100 Concept. Meski kemungkinan sulit untuk mempertahankan desain orisinilitas dari generasi Defender. Baca juga Pemerintah Sayangkan Hengkangnya Ford dari Indonesia dan Honda Ridgeline Belum Pasti Datang ke Indonesia.

Komentar Anda

Top