Ini Dia, Motor Balap TVS Rasa BMW!

Akula 310, Motor Balap Produksi TVS Bercita Rasa BMW – Auto Expo 2016 kedatangan produk terbaru lagi yang cukup menarik perhatian pengunjung. Kini salah satu pabrikan asal India bernama TVS Motor memamerkan sebuah model motor balap Akula 130 yang merupakan sebuah motor balap.

akula-310-motor-balap-produksi-tvs-bercita-rasa-bmw

Rupanya, motor yang membawa gaya racing tersebut merupakan salah satu produk yang mengusung basis dari BMW GR310R. Sepeda motor balap Akula 130 ini sengaja dibuat oleh tim racing TVS sebagai tanda peringatan 33 tahun kontribusi perusahaan di ajang balap.

Selain mengusung basis motor BMW, Akula 310 juga meggendong mesin 310 cc, dengan 4 valve, DOHC. Hanya saja, TVS masih belum mengungkapkan seperapa kuat tenaga yang akan dihasilkan dari kombinasi mesin-mesin yang digendongkannya itu. Namun, apabila berkaca dari semburan tenaga yang dihasilkan oleh BMW GR310 maka outputnya bisa mnecapai 34 bhp.

Secara fisik, tampilan Akula 310 untuk bagian depan , lalu tangki dan fairing, cukup mnedukung sisi desain yang aerodinamis. Membawakan sisi motor yang menyerupai insang, bagian tersebut berfungsi sebagai lubang udara yang akan mebantu proses pendinginan pada mesin. Maka, tak heran apabila sepeda motor balap ini dinamai dengan Akula yang berasal dari bahasa Rusia dan memiliki arti ‘hiu’.

separator

Untuk mesin sendiri terlindungi secara sempurna dengan full fairing, sehingga untuk bagian penggerak mesin sama sekali tidak terlihat.

Motor balap ini juga tergolong ringan, hal tersebut dikarenakan untuk serat karbon yang terlapi pada seluruh bodinya telah menggunakan bahan alumunium. Sementara untuk instrument cluster menggunakan sistem digital yang menampilkan kecepatan, rpm, jam dan juga informasi-informasi lainnya. Terdapat juga gyro-board camera.

TVS sendiri memiliki rencana untuk memproduksi Akula310, hanya saja akan mengusung spesifikasi yang sedikit berbeda dengan versi konsep yang ada. Kabarnya, Akula 310 versi standee akan mengusung mesin 313 cc, silinder tunggal yang akan menghasilkan tenaga 34 bhp pada 9.500 rpm. Untuk torsinya sendiri adalah 28 nm pada 7.500 rpm.

Untuk kelengkapan fitur-fitur lain memang masih belum diketahui. Apakah fitur seperti pada versi konsep akan tetap diterapkan atau tidak. Sementara transmisinya diketahui akan menggunakan manual enam percepatan. Untuk penjualan, akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang. Baca juga Honda Luncurkan Motor Off dan Cygnus Ray-ZR Resmi Meluncur di India

Top