Untuk Pertama Kalinya SUV Jadi Model Terlaris di Eropa

Kendaraan Model SUV Makin Digemari Masyarakat Eropa – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kendaraan model sport utility vehicle atau SUV mencatatkan penjualan tertinggi di seantero Eropa. Ini merupakan sebuah rekor karena sebelumnya pangsa pasar otomotif Eropa terutama kendaraan roda empat dikuasai model sedan sport dan juga mobil kompak. Sepanjang tahun 2015 yang lalu, penjualan mobil model SUV di Eropa melonjak tajam.

kendaraan-model-suv-makin-digemari-masyarakat-eropa

Sebuah analisis dari JATO Dynamics, seperti dilansir oleh Inautonews, penjualan kendaraan SUV di Erope berhasil menyalip segmen sedan sport dan mobil kompak sepanjang tahun 2015 yang lalu. Pada tahun 2015 lalu, sejumlah 13.713.526 unit kendaraan semua model terjual di Eropa, dan khusus segmen SUV terjual hingga 3,2 juta unit.

Kendaraan model SUV kompak banyak dicari oleh pembeli dengan penjualan di seluruh Eropa sebanyak 1,28 juta unit, atau mencapai 40 persen dari total market share. Sedangkan mobil model low SUV terjual sebanyak 1,2 juta unit, atau sekitar 38 persen dari total penjualan.

Lebih lanjut, menurut laporan dari iAfrica disebutkan bahwa penjualan model SUV kelas menengah sepanjang 2014 mencapai 470.400 unit dan SUV full-size terjual sebanyak 243 ribu unit. Di antara semua merek SUV terlaris tersebut, Nissan menjadi merek yang paling dominan dengan penjualan sebanyak 376 unit. Hal ini juga menjadi catatan yang cukup mengejutkan karena sebelumnya model SUV full size dengan brand Eropa menjadi yang terlaris.

separator

Analisa ini dilakukan di 29 negara dengan jumlah pertumbuhan SUV terbesar ada di Inggris. Pada tahun 2014 yang lalu, Inggris mencatatkan penjualan 501.200 unit. Sedangkan pada tahun 2015 penjualan SUV di Negeri Ratu Elizabeth mencapai 630.400 unit.

Dalam beberapa tahun terakhir, kendaraan model SUV baik kompak, mid-size maupun high SUV memang semakin digemari konsumen otomotif di Eropa. Tak hanya merek-merek Eropa dan Amerika saja yang mencatatkan penjualan tinggi, namun beberapa merek asal Asia seperti Nissan dan Toyota juga berhasil membukukan penjualan yang cukup tinggi di Benua Biru.

Rekor penjualan model SUV di Eropa ini mengikuti tren yang sebelumnya juga berkembang di Amerika, dimana kendaraan model crossover dan juga SUV semakin hits. Sama seperti Eropa, sebelumnya model sedan sport di Amerika juga lebih laris ketimbang model SUV. Baca juga KIA Ingin Punya Sedan Sport dan Chevrolet Spin Resmi Migrasi ke India dan Bakal Luncurkan Generasi Teranyar Tahun Depan.

Top