Anak SMK Berhasil Garap Mobil ‘Buggy’ Tangguh

SMKN 8 Bandung Berhasil Ciptakan Mobil Buggy 1.500cc – Jika banyak yang belum tahu mengenai istilah mobil ‘Buggy’, maka Mas Sena akan menjelaskan mengenai definisi mobil Buggy. Mobil Buggy adalah jenis mobil yang biasa digunakan di area perkebunan atau tempat wisata. Umunya mobil Buggy dirancang khusus untuk kendaraan operasional di wahana outdoor, Mobil jenis ini biasanya memiliki spek yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan, dengan ketangguhan untuk melahap medan off-road.

Anak SMK Berhasil Garap Mobil 'Buggy' Tangguh

Sebenarnya, sudah banyak bengkel yang menggarap mobil Buggy sesuai pesanan konsumen. Namun ternyata tak hanya bengkel ataupun perusahaan besar saja yang bisa menggarap mobil jenis ini, melainkan anak SMK juga bisa menciptakannya. Salah satunya adalah SMKN 8 Bandung yang berhasil menciptakan mobil Buggy yang tak kalah keren dan cukup gahar bermesin 1.500 cc.

Dituturkan oleh Abdurahman Hidayat, Wakil Kepala Sekolah Sarana SMKN 8 Bandung, Jawa Barat, proyek mobil Buggy yang digarapnya sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2009 silam. Diawali dengan ketertarikan Kepala Sekolah kala itu dengan mobil outdoor ini.

“Awalnya kita cari di internet, lalu kita mulai bangun mulai dari rangka, sasis. Setelah jadi, kita sempat taruh di area wisata, namun saat ini sudah tidak lagi,” ujar Abdurahman, dipetik dari laman Otomotifnet.com, hari Sabtu (6/2).

Sedangkan menurut salah satu murid SMKN 8 Bandung yang turut merancang mobil Buggy ini, Aldi Ismaya, dia mengatakan jika mobil Buggy tersebut total dibuat oleh murid-murid SMKN 8 Bandung, jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Diakuinya, untuk proses perakitan mobil membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan. Lantas mengambil basis mesin apa Buggy SMKN 8 Bandung ini?

“Mesinnya yang satu menggunakan Esemka berkapasitas 1.500 cc dan yang satu menggunakan mesin Vios berkapasitas 1.500cc,” ucap Aldy.

Menariknya lagu Buggy karya SMKN 8 Bandung ini sudah dirancang khusus untuk melahap medan off-road dengan model ekstrim. Selain itu mobil ini juga berhasil menempuh uji kelayakan dan medan yang cukup parah antara lain di tempat rekreasi yang ada di kawasan Bandung Utara dan Bandung Selatan.

Tak hanya itu saja, Buggy ini juga sudah terjual di Medan, Sumatera Utara, dengan harga Rp50 juta sampai 75 jutaan. Sedangkan beberapa pengelola obyek wisata juga sempat memesan dan berguru ke SMKN 8 bandung mengenai proses pembuatannya.

“Sekarang setelah mereka bisa buat sendiri, sudah jarang yang pesan di sini,” pungkas Abdurahman. Baca juga The New MINI Clubman Resmi Dirilis di Singapura dan Honda Jual 19.404 Unit Mobil di Bulan Pertama Tahun 2016.

Top