Suzuki Pelajari Motorsport atau Skutik Berbasis Mesin Satria F Injeksi

Suzuki Buka Kemungkinan Motor Baru dengan Basis Mesin Satria Injeksi – Saat ini di Indonesia, pasar motor 150cc memang sedang mengalami trend puncak dan kian digemari oleh konsumen. Tak pelak banyak pabrikan yang merilis motor bermesin 150cc entah untuk segmen skutik, motorsport, atau bebek super. Hal ini pula yang kabarnya akan dimanfaatkan oleh Suzuki Indonesia untuk menguatkan posisinya di Tanah Air.

Suzuki Pelajari Motorsport atau Skutik Berbasis Mesin Satria F Injeksi

Kabar mengenai motorsport terbaru Suzuki dengan mesin 150cc sebenarnya sudah lama didengungkan, namun hingga sekarang tampaknya kabar tersebut hanyalah angin lalu. Sebab sampai saat ini, Suzuki masih terlihat adem-ayem dengan persaingan di segmen sport 150cc. Berbeda sekali dengan Yamaha dan Honda yang bersaing ketat memperebutkan tahta di segmen tersebut.

Namun sekarang beda lagi ceritanya, dimana setelah Suzuki Satria F150 Injeksi diluncurkan, kans Suzuki untuk memanfaatkan basis mesin baru pada generasi Satria pada motor terbarunya, kian terbuka lebar. Sebab secara kualitas, mesin Satria F injeksi sudah sangat mumpuni untuk dicangkokkan ke motorsport dengan klaim power mencapai 18 HP.

Ternyata, selain hanya membuka peluang merilis motorsport 150cc bermesin Satria F Injeksi, Suzuki juga diam-diam melirik segmen skter matik (skutik) dengan platform mesin 150cc DOHC 4-klep. Skutik ini nantinya akan diposisikan di segmen yang sama dengan Yamaha NMAX atau Honda PCX.

“Jadi suzuki Jepang lagi mencari cara bagaimana agar mesin ini (All New Satria F150) bisa dimanfaatkan untuk tipe lainnya. Dan ini bisa diterapkan menjadi apa saja, bisa untuk skutik kah atau sport”, kata Seiji Itayama selaku Managing Director PT SIS 2W, dilansir dari laman Mesinbalap, hari Rabu (10/2).

Sedangkan rumor terkuat memang Suzuki tengah menyiapkan motorsport 150cc sebagai model terbaru pengganti Suzuki Thunder 125. Hal ini juga dibeberkan oleh Seiji yang sebelumnya mengatakan bakal melakukan penyegaran untuk Thunder 125 dengan perubahan desain yang lebih modern.

“Suzuki Thunder, kemungkinan nanti akan ada yang baru. Karena Suzuki Thunder sudah agak kuno ya desainnya,” ungkap Seiji, dipetik dari DetikOto.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Seiji belum bisa membicarakan lebih detail. Sebab menurutnya saat ini pengembangan Thunder 125 masih dalam proses studi, termasuk apakah akan berganti model atau berganti platform. Baca juga TVS EntorQ 210, Skutik Citarasa Premium dari India dan PT Kawasaki Motor Indonesia Luncurkan Ninja 250 LTD.

Top