Mabua Mundur, Harley Asia Pasifik Cari Diler Pengganti

Harley Asia Pasifik Cari Diler Pengganti Mabua – Mundurnya PT Mabua Motor Indonesia sebagai agen resmi dari Harley-Davidson langsung ditanggapi cepat oleh Harley-Davidson region Asia Pasifik. Kini, HD Asia Pasifik tengah mencari mitra baru sebagai diler di Indonesia menggantikan Mabua.

harley-asia-pasifik-cari-diler-pengganti-mabua

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Mabua Motor Indonesia memang sudah berhenti menjadi agen Harley-Davidson per tanggal 31 Desember 2015 yang lalu.

“Harley-Davidson mengumumkan bahwa perusahaan kini tengah mencari diler baru untuk mengembangkan jaringan dealership independennya di Indonesia, yang akan terus menghadirkan berbagai jenis motor, suku cadang dan aksesori menarik, serta lini pakaian trendi bagi pelanggan lama maupun baru,” tulis Harley-Davidson Asia Pasifik dalam siaran pers, seperti dikutip dari laman detikOto, Kamis (9/2).

Harley-Davidson mengakhir perjanjian hak penjualan dengan PT Mabua Motor Indonesia pada Desember 2015. Ini sekaligus mengakhiri kerjasama antara Mabua dengan Harley-Davidson yang sudah terjalin sejak tahun 1997 yang lalu. Kedua perusahaan tersebut sebelumnya bergabung di bawah naungan manajemen MRA Group.

separator

“Keputusan ini juga sejalan dengan tujuan Harley-Davidson untuk mengembangkan jaringan internasionalnya sebesar 150-200 dealer baru pada tahun 2020,” tulis Harley-Davidson lagi.

Langkah cepat HD Asia Pasifik dalam mencari pengganti Mabua memang dinilai sebagai langkah yang sangat tepat, mengingat brand moge asal Amerika Serikat tersebut begitu populer di Indonesia.

Sementara itu, Asisten Direktur Harley-Davidson Owner Group (HOG) Chapter Jakarta, Suharli berpendapat bahwa di tengah kekhawatiran para pemilik Harley yang bergabung dengan HOG, merupakan peluang bagi perusahaan lain yang akan mengambil alih posisi Mabua sebagai agen resmi.

“Kalau Mabua tutup, anggota biker khawatir kalau kau servis atau beli spare part kemana. Ini ada peluang bisnis buat yang lain, jadi bisa saja misalnya Mabua tutup ada yang lain masuk,” ujar Suharli.

Dalam surat yang beredar beberapa waktu lalu, Mabua Motor Indonesia melepas keagenan Harley-Davidson di Indonesia dikarenakan beberapa hal. Beberapa alasan yang sempat mengemuka adalah pelemahan nilai tukar rupiah, pajak importasi untuk motor besar mencapai 300 persen, serta turunnya minat beli konsumen.

Sempat tersiar kabar bahwa Garansindo berminat untuk mengambil alih peran Mabua di Indonesia sebagai agen resmi Harley-Davidson. Sebelumnya, Garansindo juga sudah ‘meminang’ Ducati yang dilepas oleh distributor lamanya. Baca juga Akhirnya Harley-Davidson Menyerah dari Pangsa Pasar Indonesia dan Suzuki Sudah Distribusikan Satria F150 Injeksi ke Dealer-dealer.

Top