Hadapi All New CBR150R, Harga Yamaha R15 Naik

Yamaha Naikkan Harga YZF-R15 – Peta persaingan di kelas low-end sport 150cc memang semakin sengit. Yamaha yang awalnya cukup ‘pede’ dengan YZF-R15 mulai mendapat ancaman serius setelah beberapa hari lalu Honda merilis All New CBR150R. Apalagi, All New Honda CBR150R membawa konsep desain baru yang lebih agresif. Selain itu, banderol harga versi baru CBR150R pun juga dipatok sedikit lebih mahal dari Yamaha YZF-R15.

yamaha-naikkan-harga-yzf-r15

Mendapat desakan dari kompetitor tak lantas membuat Yamaha keteteran. Dengan kekuaran branding yang menanjak sejak akhir tahun 2015 lalu, pabrikan Garpu Tala itu pun menyiapkan strategi khusus guna menghadapi persaingan di segmen motor sport full fairing 150cc. Selain dikabarkan bakal merilis YZF-R15 New Version, Yamaha Indonesia pun menyesuaikan harga pasarnya.

Dari pengamatan SemiSena, Yamaha YZF-R15 mengalami kenaikan, meski tak terlalu banyak. Motor sport full fairing tersebut harganya naik sekitar Rp 300 ribuan.

“Per 13 Februari lalu memang naik, dari Rp 29,8 juta jadi Rp 30,05 ribu,” ujar Adrian dari Yamaha Mustika Motor di Jatinegara, seperti dilansir oleh laman Liputan6.com pada Senin (15/2).

Kenaikan juga terjadi di dealer Yamaha di Bogor.

“Harga (Yamaha) R15 jadi Rp 30.425.000,-. Sebelumnya Rp 30,3 juta” ujar salah satu sales dealer Yamaha Mekar Motor yang ada di Jalan Raya Padjajaran, Bogor, melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan, kenaikan ini diterapkan per Februari.

“Ini berdasarkan edaran dari pusat,” tambahnya.

Kenikan harga Yamaha YZF-R15 ini sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pada Januari lalu, Asisten General Manager Marketing PT YIMM Mohammad Masykur menjelaskan bahwa ambang batas kenaikan ditetapkan sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah masing-masing wilayah. Karena merujuk pada Pemerintah Daerah lah, kenaikan harga bisa beragam, sebagaimana yang terjadi pada Yamaha R15 di Jakarta dan Bogor.

Kenaikan harga untuk R15 memang dianggap wajar. Meskipun mengalami kenaikan, namun secara umum banderol harganya masih sangat kompetitif jika dibandingkan dengan harga All New Honda CBR150R yang dibanderol pada kisaran Rp 32,5 jutaan. Baca juga Suzuki Satria F150 Injeksi Siap Gempur Honda Sonic 150R dan Yamaha MX King dan All New Honda CBR150R Resmi Dirilis, Harganya Meningkat Tajam.

Top