Harga Suzuki Satria F150 Injeksi 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Suzuki Satria FU Injeksi dan Spesifikasi – Pasca kedatangan Yamaha MX-King dan Honda Sonic 150R, Suzuki mau tidak mau harus berbenah diri. Sebab dari data di lapangan, pangsa pasar Suzuki Satria F150 Injeksi generasi lama kian tergerus oleh kedua motor bebek sport lansiran kompetitornya tersebut. Hingga akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales 2W (SIS) merasa wajib melakukan regenerasi untuk motor yang menjadi tulang punggung penjualannya tersebut. Kabar mengenai kedatangan Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi sebenenarnya sudah mencuat sejak dua tahun lalu, namun butuh beberapa tahun bagi Suzuki Indonesia untuk melahirkan kembali ganerasi terbaru dari motor yang memiliki sejarah panjang di Indonesia ini. Tenggelam di antara dua pesaing beratnya, tentu Suzuki jelas tak bisa tinggal diam. Hal ini semakin dipertegas fakta bahwa Suzuki Satria F150 Injeksi merupakan penguasa kelas bebek underbone 150cc yang selama bertahun-tahun singgasananya tak tergoyahkan. Hadirnya Yamaha MX King lalu disusul Honda Sonic 150R memang menggerus pasar Satria FU. Meski Suzuki sendiri sempat melakukan perubahan minor dalam bentuk versi facelift, namun hal itu nyatanya tak terlalu menolong. Hingga akhirnya lahirlah Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi yang menawarkan aura dan spirit baru lewat mesin baru dan desain terkini.

suzuki satria f150 injeksi

Secara resmi, PT SIS merilis All New Suzuki Satria F150 Injeksi pada awal pekan kemarin dengan mengambil tempat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Generasi baru ‘Si Ayam Jago’ Satria F150 ini membawa tagline ‘Berani Diadu’ yang mewakili semangat baru yang dibawanya. Tak tanggung-tanggung, generasi keempat dari keluarga Suzuki Satria FU Injeksi ini mengusung perubahan total bila dibandingkan versi sebelumnya. Jika sebelumnya Satria F150 membawa mesin berpengabut karburator, maka kali ini Suzuki sudah menyematkan teknologi Fuel Injection untuk motor hyper-underbone andalannya tersebut. Lewat mesin 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder FI Dual Spray Injector yang dibawanya, Suzuki mengklaim bahwa jagoan barunya ini adalah yang paling ‘liar’ di kelasnya. Dapur pacu bermesin baru memang menjadi andalan Suzuki Satria F150 Injeksi ini. Apalagi, Chief Engineer All New Satria F150, Mitsuru Tachikawa berani mengatakan bahwa di kelasnya, model motor bebek hyper-underbone andalan Suzuki yang kini berteknologi injeksi itu menjadi bebek 150cc tercepat. Dibandingkan dua kompetitor, performa Suzuki Staria F150 versi injeksi diklaim selalu berada di atas berdasarkan hasil uji internal. Tak hanya itu saja, Suzuki Satria FU Injeksi yang megalami major change ini juga memiliki banyak fitur modern terbaru, seperti konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru, hingga komponen elektronik yang lebih mutakhir. Secara garis besar, Suzuki memang seperti tak mau main-main lagi dalam menghadapi kompetitornya di segmen bebek sport 150cc. Berbekal nama besar dan dahsyatnya performa Satria FU, Suzuki pun membangun Satria F150 FI dengan kekuatan terbaik. Nah untuk mengetahui bagaimana detail teknisnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Satria F150 Injeksi pada segmen-segmen di bawah ini.

suzuki satria fu injeksi

Review Suzuki Satria FU Injeksi

Desain

Desain Body Ramping dan Semakin Agresif Tegaskan Aura Hype-underbone Sejati

Untuk segmen pembuka, seperti biasa Mas Sena akan melakukan review untuk spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di sektor tampilannya. Meski secara umum masih membawa desain motor ‘ayam jago’ yang kental, namun secara mendetail motor ini 90 persen meninggalkan desain lamanya. Mulai dari penampakan sektor headlamp yang kini terlihat lebih garang, sedikit mirip dengan wajah robot Transformers. Desain headlamp Suzuki Satria F150 Injeksi yang lebar ini juga sudah dijejali dengan teknologi LED lamp dengan sein yang dibuat menyatu bersama lampu utama. Pada bagian headlamp-nya sendiri juga memiliki fungsi masing-masing dengan pengoperasian yang menarik. Bergerak ke bagian samping body, aura hyper-undebone masih kentara jelas. Hanya saja menurut Mas Sena untuk konsep desain Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi ini lebih proposional ketimbang versi karburator dan tampak lebih padat. Satu-satunya yang masih cukup melekat kuat aura Satria FU adalah di sektor buritannya, dimana untuk sektor yang satu ini jelas Suzuki masih cukup percaya diri dengan mendesain sektor stoplamp LED yang tak jauh berbeda dengan versi karburatornya yaitu lancip. Secara umum bisa dikatakan desain Suzuki Satria F150 Injeksi FI kali ini benar-benar membawa detail yang baru, seperti fairing yang lebih agresif dengan lubang pembuang panasnya, fairing ini bahkan dirancang dengan cukup mencolok memanjang hingga cover engine di bagian bawah. Hasilnya, Suzuki Satria FU Injeksi terlihat lebih sporty. Belum lagi komponen penunjang seperti spion, visor, spakbor belakang yang nampak lebih racing semakin menunjang tampilan spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi secara umum.

spesifikasi suzuki satria f150 injeksi

Speedometer

Konsol Meter dengan Panel Full Digital Mudahkan Pengecekan Kondisi Motor

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di bagian yang cukup menarik perhatian, yaitu konsol meternya. Dimana untuk piranti yang satu ini, Suzuki telah memberikan teknologi terbaik pada Bro dan Sist semuanya. Pada sektor speedometernya tak lagi menyematkan model semi digital namun sudah full digital dengan panel instrumen terlengkap di kelasnya. Dengan lampu latar berwarna orange yang ramah di mata, bingkai konsol meter pada Suzuki Satria F150 Injeksi juga terasa simetris layaknya kokpit mobil dengan nuansa sporty yang begitu kuat. Selain mengusung penampilan baru yang pastinya user friendly, dashboard pada motor ini juga sudah dibekali dengan kelengkapan panel yang informatif. Adapun konsol meter Suzuki Satria FU Injeksi ini mampu menampilkan penunjuk waktu, indikator FI, penunjuk kecepatan, tachometer, indikator posisi gear, indikator bensi, indikator RPM, twin trip, indikator temperatur pendingin, bahkan ada juga indikator interval oli yang mungkin tidak akan kita jumpai di motor lain sekelasnya. Semua panel indikator ini juga disajikan dengan sangat informatif dan pengoperasian lewat tombol yang cukup mudah. So, lagi-lagi lewat konsol meter terbarunya ini spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi menawarkan value lebih sebagai motor bebek sport kelas 150cc.

spesifikasi suzuki satria fu injeksi

Dimensi

Dimensi Kompak dengan Posisi Berkendara yang Lebih Nyaman

Pada segmen selanjutnya ini, Mas Sena akan membahas spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di bagian dimensinya. Meski kali ini diracik tanpa menghilangkan kesan sporty dan race look, namun ternyata Satria F150 FI juga sudah dirancang untuk memberikan tingkat pengendalian yang lebih baik selain posisi riding yang lebih dimaksimalkan. Untuk dimensinya sendiri, Suzuki Satria F150 Injeksi ternyata paling ramping di kelasnya dengan panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm sehingga motor ini sangat asik diajak bermanuver di jalan raya. Memiliki ground celarance setinggi 150 mm juga menjadikannya masih aman untuk melesat di karakteristik jalanan Indonesia. Berikut juga dengan bobot Suzuki Satria FU Injeksi yang cukup ringan, yakni 109 kg saja. Sebenarnya rahasia dari pengurangan berat tubuh Satria F150 adalah terletak pada detail beberapa komponennya yang dipangkas sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. Konsekuensi dari sektor dimensional pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi lebih ‘slim’ ini membuatnya memiliki tingkat pengendalian dan handling yang lebih baik di kelasnya, bahkan jika dibandingkan dengan versi karburator.

suzuki satria f150

Suspensi

Didukung Suspensi Berkualitas untuk Menjamin Stabilitas Berkendara

Diracik untuk memiliki performa liar, pastinya Bro dan Sist juga membutuhkan dukungan suspensi berkualitas untuk menjamin berkendara yang lebih nyaman. Untuk piranti yang satu ini sepertinya Suzuki masih mempertahankan piranti pada spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi versi lawas yang dinilai masih mumpuni dalam menunjang performa berkendara. Dimana Satria F150 FI kali ini dibekali dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi berjenis monoshock di bagian belakang. Menariknya lagi untuk menjamin stabilitas berkendara, Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid. Beranjak ke sektor pengereman, juga ada perbedaan dengan varian lamanya dimana Suzuki Satria FU Injeksi kali ini sudah membawa petal disk brake (cakram) dengan diameter lebih lebar bermodel wave dua piston kaliper di bagian depan dan cakram wave single piston di bagian belakang. Dengan cakram baru ini, Suzuki menjamin metode pengereman pada Suzuki Satria F150 Injeksi akan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Bergerak ke sektor kaki-kaki, Satria F150 kali ini membawa desain velg yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk velg barunya ternyata membawa bobot yang lebih ringan demi alasan performa handling. Sementara velg racing pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi di bagian kaki-kaki tersebut dibalut dengan ban tubeless yang memiliki alur baru berukuran 70/90-17 38P di bagian depan dan 80/90-17 50P di bagian belakang.

suzuki satria fu

Mesin

Performa Paling Liar di Kelasnya dengan Mesin Baru 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder

Tibalah kita pada pembahasan untuk spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi di bagian mesinnya yang diklaim merupakan mesin yang benar-benar baru dan memiliki performa paling ganas di antara kompetitornya. Sebagai penerus DNA Satria atau FXR 150, jelas untuk sektor yang satu ini Suzuki tidak akan main-main. Sebab DNA pendahulunya memang sudah melekat kuat dengan identitas kecepatan. Suzuki Satria F150 Injeksi kali ini membawa mesin 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama. Namun untuk mesin barunya, pada Satria F150 FI ini sudah dirancang dengan konstruksi mirip motor balap dengan pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar. Sementara itu untuk mengejar performa balap, kali ini Suzuki Satria FU Injeksi juga diperkuat throttle body berukuran 32 mm layaknya motor spek sirkuit. Lantas untuk komponen pistonnya, Satria F150 memiliki bobot yang lebih ringan namun diracik lebih kuat berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada bagian dinding silinder mesin. Hal ini membuat mesin All New Suzuki Satria F150 Injeksi tetap kuat dan awet walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi. Hasil dari kombinasi tersebut, motor ini memiliki power dan torsi paling melimpah di kelasnya dengan tenaga hingga 13, KW/1.000 rpm dan torsi puncak mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan. Di atas kertas, Suzuki Satria F150 Injeksi FI ini memang memiliki power paling ganas di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki karakteristik mesin overbore dengan rasio kompresi 11.5 :1. Dengan karakter seperti ini, Satria F150 akan mampu memuntahkan power yang terus konsisten, baik di angkatan awal hingga kecepatan tinggi. Meski memiliki performa liar, namun Suzuki Satria FU Injeksi juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena hadirnya sistem suplai bahan bakar Fuel Injection yang dikombinasikan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Hasilnya, mesin pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi ini memiliki konsumsi BBM bisa mencapai 50 km/liter.

harga suzuki satria f150

Fitur

Dilengkapi Banyak Fitur Modern yang Fungsional

Hadir dengan karakter ‘speed’ khas motor sport, tak lantas membuat Suzuki meninggalkan aspek utilitas pada motor terbarunya ini. Dimana untuk fitur penunjang pada spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi memiliki ragam fitur yang mumpuni dan mengutamakan fungsionalitas. Dimulai untuk fitur bagasi, kini Satria F150 memiliki bagasi untuk menyimpan barang berharga yang ditempatkan di dashboard depan. Kemudian untuk fitur pengamanan, Suzuki Satria F150 Injeksi dilengkapi Safety Shutter Key (kunci magnet pengaman) model terbaru yang bisa dioperasikan dengan satu langkah yang lebih praktis. Layaknya motorsport masa kini, Satria F150 juga memiliki footsetep yang bisa ditekuk dan terdapat sensor kemiringan. Untuk elektrik starternya, Suzuki Satria FU Injeksi juga mengadopsi 1-Push Electric Starter. Dengan fitur baru ini, Bro dan Sist tidak perlu menahan tombol starter untuk menghidupkan mesinnya, melainkan cukup satu sentuhan saja. Pada bagian joknya juga dirancang untuk karakteristik orang Indonesia dengan tingkat kenyamanan tinggi dan pengendara bisa lebih menapak sempurna ke tanah. Terakhir, spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi hadir dengan muffler atau knalpot model barunya yang mengalamai pembesaran pipa. Slauran gas buang berdesain baru ini diklaim bisa meghasilkan tenaga lebih responsif karena pembuangannya lebih sempurna.

Spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi

Mesin
Jenis Mesin 4-Stroke DOHC, 4-Valve Single Cylinder, Liquid Cooled
Isi Silinder 147,3 cc
Dimensi x Langkah 62,0 mm x 48,8 mm
Rasio Kompresi 11,5
Daya Maksimum 13,6 Kw (18,49 hp) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm / 8.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian Euro3, Transistorized
Sistem Starter 1-Push Electric Starter
Transmisi 6 percepatan
Kapasitas Tangki 4.0 liter
Sistem Starter Elektrik dan Kaki
Dimensi
P x L x T 1.960 mm x 675 mm x 1.280 mm
Jarak Pijak 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Rem Depan New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang New Petal Design Disc Brake
Roda Depan 70/90-17 38P
Roda Belakang 80/90-17 50P
Velg Racing

Harga Suzuki Satria FU Injeksi

Bagaimana Bro dan Sist? Setelah Mas Sena mengungkapkan spesifikasi dari Satria F150 FI secara mendetail di tiap sektornya, apakah sudah merasa cukup puas? Jika sudah, maka waktunya kita akan mengulas kisaran harga Suzuki Satria FU Injeksi yang akan menjadi penantang kuat bagi Honda Sonic 150R yang sama-sama bersegmen ayago ini. So, kehadiran Satria F150 yang memang sudah cukup lama ditunggu akhirnya menghilangkan rasa penasaran publik akan sosok motor bergaya hyper underbone ini. Datang dengan membawa perubahan total, Suzuki Satria F150 Injeksi lewat mesin barunya yang berkubikasi 150cc DOHC 4-Valve Single Cylinder berpengabut bahan bakar Fuel Injection Dual Spray Injector menawarkan performa paling powerful di kelasnya. Begitupula pada desain tampilannya yang kali ini cukup mengalami perombakan desain menjadi lebih modern. Sampai di bagian mesin, kita pun sebenarnya sudah bisa menebak bahwa harga Suzuki Satria F150 Injeksi ini pasti akan mengalami peningkatan dari versi karburator. Tak cukup sampai di sini saja, Satria F150 yang mengalami major change ini juga dijejali banyak fitur modern terbaru seperti konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru, hingga komponen elektronik yang lebih mutakhir. Lalu dengan banyaknya keistimewaan yang dimilikinya, berapa ya kisaran harga Suzuki Satria FU Injeksi ini?

harga suzuki satria fu injeksi

harga suzuki satria f150 injeksi

Sebenarnya, sebelum resmi di-launching pada awal pekan kemarin, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melakukan pendistribusian Satria F150 ke dealer-dealer di seluruh Indonesia. Sehingga soal harga Suzuki Satria FU Injeksi tentunya tidak lagi menjadi kejutan. Mengenai harganya sendiri, ternyata Suzuki masih menyematkan harga yang bersaing untuk generasi anyar Satria F150 ini. Dimana untuk generasi baru Suzuki Satria F150 Injeksi ini akan hadir dalam dua varian, yaitu Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black dan Stronger Red/Titan Black) yang dibanderol dengan harga mulai Rp 21.650.000,- . Kemudian ada juga varian High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW) yang dipatok dengan harga mulai Rp 21.950.000,-. Harga Suzuki Satria F150 Injeksi tersebut adalah harga resmi On-the Road (OTR) untuk Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemungkinan harganya bisa berbeda dengan domisili Bro dan Sist semuanya. Namun secara umum, banderol harga Suzuki Satria FU Injeksi ini memang sangat kompetitif untuk segmen bebek sport berkapasitas isi silinder 150cc.

Harga Suzuki Satria FU Injeksi

Tipe Harga
Suzuki Satria F150 Injeksi Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black/Stronger Red/Titan Black) Rp 21.650.000,-
Suzuki Satria F150 Injeksi High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW) Rp 21.950.000,-

Melihat harga Suzuki Satria FU Injeksi yang ditawarkan, memang banderol harganya lebih mahal jika dibandingkan kompetitornya. Namun menurut Mas Sena, untuk harga dengan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan oleh Satria F150 sebenarnya sudah cukup berimbang. Dimana dengan harga sebesar itu, kita akan mendapatkan motor dengan performa yang tak perlu diragukan lagi lengkap fitur modern layaknya motor premium. Rilisnya Suzuki Satria F150 Injeksi ke pasaran bisa jadi berpotensi mengubah peta persaingan motor berkubikasi 150cc di segmen cube atau bebek yang saat ini menjadi segmen favorit konsumen Indonesia setelah kelas low-end sport 150cc. Dengan pilihan harga Suzuki Satria F150 Injeksi yang kompetitif, tak mengejutkan jika penjualan Satria F150 ini diprediksi bakal moncer di pasaran. Apalagi dengan nama besar Suzuki Satria yang notabene merupakan motor idola kalangan anak muda. Tak berlebihan pula jika Suzuki akhirnya menargetkan penjualan motor terbarunya tersebut bisa sebanyak 10.000 unit perbulan. So, buat Bro dan Sist yang merupakan penggila kecepatan namun masih mengedepankan fungsionalitas, tentunya banderol harga Suzuki Satria FU Injeksi bisa jadi alternatif menarik untuk kamu semua. Sekian dulu review Mas Sena soal jagoan baru Suzuki ini. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Honda Sonic 150R dan Yamaha MX King 150.

  • fais s

    Kenapa satria fu 150cc injeksi tidak makai bodi peredato yg lama th 2014an lebih bagus????? Bodinya slim

  • budi

    menurutq keluaran tahun 2014 n 15 lbh manizz k/ selain bodynya yg ramping stripingnya juga lbh elegan dr yg skrg

  • miko

    asal agan2 semua tau ya. Keluaran terbaru pasti lebih baik dari pada yang lama. karna yang baru memperbaki problem2 yang pada pada satria lama., so injeksi lebih mantap . .

    • rizkie

      Gan mank satria injeksi spakbor belakang ya emang bisa pake spakbor belakang satria fu karbu ????

  • Hendra

    Banyak problem disatria yg lama terutama dirante keteng dan piston, pgn beli byk pd kecewa disatria yg lama kira2 satria yg baru ini ky gitu jg gak yah dgn type injek

  • Frengky Diego

    Saya mau nnya.
    Lampu Speedometer saya kontak kontak saat di jalan .
    Apa sih penyebabnya … smua lampu redup .. rpm . Speedo meter … kemudian hidup . Terus mati

    Infonya donk
    Terima kasih

Top