Siapkah dengan Solusi Keselamatan Baru, Airbag Eksternal?

Sistem Kemanan Baru, 2020 Mendatang Bakal Hadir Airbag Eksternal – Perangkat keamanan dan keselamatan pada kendaraan memang menjadi salah satu syarat yang mutlak harus dipenuhi pada setiap kendaraan. Seiring berjalannya waktu, perangkat keselamatan pada kendaraan seperti mobil telah semakin canggih. Kini, produsen perangkat keselamatan airbag, ZF TRW telah memperkenalkan racikan terbarunya yaitu pelindung udara untuk pejalan kaki juga penumpang.

sistem-kemanan-baru-2020-mendatang-bakal-hadir-airbag-eksternal

Mungkin, tak asing lagi bagi pemilik mobil modern dengan adanya perangkat airbag, namun kali ini yang terbaru lebih unik karena telah dihadirkan airbag eksternal atau pelindung udara yang terletak di bagian luar mobil. Memang, airbag eksternal ini sengaja dirancang untuk melindungi pejalan kaki.

Adanya resiko benturan yang keras dari mobil dan berakibat fatal pada pejalan kaki memang menjadi fenomena yang cukup sering terjadi pada kecelakaan lalu lintas. Namun dengan adanya teknologi baru ini, nantinya airbag eksternal akan sanggup meminimalisir benturan keras di luar mobil. Tak hanya itu, bahkan dikabarkan bahwa airbag eksternal ini juga sanggup menyerap energi banturan pada saat terjadi kecelakaan sesama kendaraan, sehingga penumpang dan pengemudi di dalam mobilpun akan tetap aman.

Hingga kini, memang solusi keselamatan terbaru ini masih belum banyak digunakan oleh produsen-produsen otomotif global karena memang perangkat ini termasuk paling baru. Namun, dapat diprediksi beberapa tahun kedepan, teknologi ini akan segera diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan masa depan khususnya bagi kendaraan jenis otonom atau mobil tanpa sopir. Dengan diterapkannya airbag eksternal ini, resiko kegagalan perangkat mobil yang tidak dikendalikan secara langsung oleh sopir akan bisa terminimalisir.

Pembuatan airbag eksternal ini sanggup menahan benturan sebanyak 30 persen pada saat terjadi tabrakan. begitulah yang diungkapkan oleh Steve Peterson selaku direktur dari ZX TRW seperti yang dikutip dari halaman news.okezone, Kamis (18/02/2016).

Sejauh ini, baru ada satu produsen kendaraan yang menggunakan airbag eksternal ini, yaitu Volvo. Volvo menerapkan teknologi terbaru ini pada produksi kendaraan teranyarnya yaitu Volvo V40. So, beberapa waktu ke depan pastilah akan diikuti oleh produsen-produsen mobil lainnya. Baca juga Honda Bersiap Lakukan Recall 367.014 Mobil di Indonesia dan Mobil Mewah Mercedes Benz Kena Recall Akibat Airbag

Top