Honda Belum Minat Buat Motor Murah di Indonesia

AHM Anggap Indonesia Tak Potensial untuk Motor Murah – Saat ini bisa dikatakan jika pasar motor Indonesia adalah pasar yang cukup menjanjikan untuk pabrikan. Lantaran sepeda motor sendiri merupakan kendaraan favorit kebanyakan masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tiap tahu, ada jutaan unit motor yang laku terjual. Padahal jika diteliti lebih dalam lagi, harga motor di Indonesia termasuk tinggi.

Honda Belum Minat Buat Motor Murah di Indonesia

Seperti misalnya, untuk mendapatkan produk skutik yang jadi segmen favorit di dalam negeri lansiran Jepang, konsumen harus merogoh kocek paling tidak Rp 14 jutaan. Hal ini cukup kontras dengan negara India yang sama-sama menjadi pasar motor terbesar. Dimana di India, banyak beredar motor murah, bahkan ada yang hanya berharga Rp 6 jutaan sampai Rp 10 jutaan.

Tentunya melihat fakta di atas, membuat publik bertanya-tanya apakah Honda juga akan memproduksi motor murah di Indonesia seperti yang dilakukannya di India? Menanggapi pertanyaan tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) melalui Direktur Pemasaran, Margono Tanuwijaya, mengatakan langkah tersebut tidak akan pernah diambil oleh AHM. Sebab pasar motor murah tidak seumum pasar motor Rp 14 jutaan.

“Kita lihat motor-motor buatan China yang ada. Tidak banyak kan peminatnya,” ujar Margono, dikutip dari laman Viva.co.id, hari Jumat (19/2).

Selain itu faktor yang menjadikan motor murah di Indonesia kurang diminati adalah sifat gengsi yang mayoritas dimiliki oleh masyarakat kita.

“Salah satunya gengsi,” imbuhnya kemudian.

Dikatakan oleh Margono, saat ini pasar motor memiliki diferensiasi yang cukup mencolok dengan pasar mobil. Dimana konsumen motor kebanyakan melihat produk dari segi desain baru kemudian harga.

“Terutama untuk sport. Banyak yang beli karena senang dengan bentuknya.” pungkasnya.

Di sisi yang lain, mengingat AHM mulai serius bergelut dengan pasar big bike dan menepis motor murah di Indonesia, apakah akan ada varian big bike atau moge terbaru yang mengaspal di Tanah Air tahun ini?

“Pasarnya memang kecil. Tapi kita akan berusaha memenuhi permintaan konsumen,” jawabnya.

Sayangnya AHM belum bersedia membeberkan lebih detail mengenai model big bike terbarunya ini. Tetapi Margono menjelaskan kebanyakan konsumen saat ini condong ke arah sport, sedangkan untuk model seperti cruiser, adventure ada peminatnya namun tidak sekompleks model sport.

“Contohnya Goldwing. Motornya bagus, tapi berapa banyak yang mau pakai sehari-hari?” tutupnya. Baca juga Suzuki Satria F150 Injeksi Tak Disarankan Diisi Premium dan Target Penjualan Satria F150 Injeksi Diturunkan, Suzuki Lebih Realistis.

Top