PHK? Tidak Untuk AHM!

Virus PHK Tengah Mewabah Sektor Industri Otomotif, AHM Tetap Bertahan – Krisisnya ekonomi di sektor industri dunia saat ini memicu adanya virus pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh beberapa produsen otomotif. Namun, hal ini tidak berlaku untuk PT Astra Honda Motor (AHM). Meskipun melewati kondisi yang sulit, namun sebagai produsen terbesar di Indonesia, AHM tetap mempertahankan keyawannya yang berjumlah 23.000 orang tanpa melakukan PHK.

virus-phk-tengah-mewabah-sektor-industri-otomotif-ahm-tetap-bertahan

Pernyataan langsung itu diungkapkan secara langsung oleh Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya. Dirinya mengungkapkan, bahwa kondisi pasar saat ini tengah mengalami penurunan tetapi tidak akan berlangsung lama. Sebab, untuk pasar Indonesia sendiri sebetulnya permintaan terhadap sepeda motor di Indoensia cukup besar dan akan segera memulihkan kondisi.

Advertisement

Margono sendiri mengatakan seperti yang dikutip dari halaman KompasOtomotif, Jumat (19/02/2016),”Kalau ada yang keluar itu hanya pegawai kontrak. Itu kan wajar, namanya kontrak selesai kontrak dievaluasi, jika bagus menjadi karyawan tetap, tetapi jika hasilnya jelek diganti. Janganmkan 2015, setiap tahun juga ada saja seperti itu,”.

Meskipun kondisi perekonomian sedang dalam masa sulit, tetapi Margono sendiri tetap mengupayakan agar tidak sampai melakukan PHK terhadap karyawan tetapnya. Nyatanya, tanpa melakukan PHK saja segala kegiatan produksi tetap berjalan dnegan lancar, peluncuran dari produk-produk dan perakitan di pabrik tetap berjalan dengan baik. Bahkan, AHM tengah mempersiapkan pabrik kelimanya.

Sebagai informasi, saat ini AHM memiliki empat fasilitas di pabrik perakitan. Pabrik pertama berlokasi di Sunter, Jakarta Utara yang dipergunakan sebagai kantor pusat. Yang kedua berada di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kemudian pabrik ketiga berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. Dan yang keempat berada di Karawang.

Prestasi AHM di pasaran industri otomotif Tanah Air, cukup membanggakan. Pasalnya, dengan dengan adanya seluruh fasilitas yang diberikan PT AHM memiliki kapasitas produksi hingga 5.8 juta unit sepeda motor setiap tahunnya. Salah satu prestasi terbaik yang berhasil diraihnya adalah pada pencapaian produksi ke-40 juta pada tahun 2013 lalu. Prestasi terbaik itu juga merupakan pertama kalinya yang diraih oleh produsen sepeda motor di Indonesia bahkan ASEAN. Baca Juga Honda dan Yamaha Dikabarkan akan PHK Ribuan Karyawan Tahun Ini dan Suzuki Pangkas Karyawan Kontrak Setelah Penjualan Motor Turun

Top