Toyota Recall Jutaan Unit RAV4

Sabuk Pengaman Bermasalah Toyota Recall 2,87 Juta Unit RAV4 – Setelah Honda dan Mercedes Benz yang dikabarkan melakukan recall terhadap ratusan unit kendaraannya, kini giliran Toyota yang baru saja mengkampanyekan adanya perbaikan massal atau recall yang diakibatkan karena suatu masalah. Kali ini jumlah yang direcall oleh Toyota terbilang sangat banyak yaitu mencapai 2,87 juta unit mobil yang telah didistribusikan ke seluruh dunia.

sabuk-pengaman-bermasalah-toyota-recall-2-87-juta-unit-rav4

Dari informasi yang tertulis pada Reuters dan dilansir dari halaman KompasOtomotif, Sabtu (20/02/2016), menyatakan bahwa adanya penarikan massal atau recall tersebut disebabkan oleh permasalahan pada sabuk pengaman  untuk jok bagian belakang dari model Toyota RAV4. Penarikan tersebut mulai dikampanyekan setelah mendapat laporan sebuah kecelakaan fatal  dari salah satu pengguna RAV4 di Kanada dan Amerika Serikat.

Advertisement

Dari jumlah total 2,87 juta unit tersebut telah ditarik dari berbagai negara seperti Amerika Utara berjumlah 1,3 juta unit, di Eropa sebanyak 625.000 unit, lalu di China 434.000 unit, kemudian 177.000 unit di Jepang dan sisanya 307.000 unit tersebar di berbagai negara lainnya.

Adanya kesalahan pada sabuk pengaman memang menjadi salah satu bagian yang cukup fatal. Pasalnya, sabuk pengaman merupakan sistem keselamatan yang paling dasar.

Seperti diketahui, untuk mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota yang mendapat masalah dan harus direcall akibat masalah sabuk pengaman tersebut adalah kendaraan yang diproduksi pada periode antara Juli 2005 dan Agsutus 2014 serta mobiol yang khusus diproduksi untuk pasar lokal Jepang yang diproduksi mulai Oktober 2005 hingga Januari 2016.

Recall tersebut dilakukan untuk memperbaiki dan mengganti sabuk pengaman pada mobil-mobil yang terkena recall tersebut untuk dimaksimalkan sesuai dnegan fungsinya sehingga tidak akan terjadi kecelakaan fatal seperti yang telah dilaporkan oleh warga Amerika Serikat tersebut.

Seperti biasa, untuk recall perusahaan tidak akan memungut biaya sepeserpun seluruh perbaikan ditanggung oleh Toyota Motor Corporation.

Meskipun begitu, hingga kini Toyota tidak membeberkan berapa biaya yang harus ditanggung untuki seluruh perbaikan atau penggantian dari sabuk pengaman tersebut. Tetapi apabila melihat angka recallnya yang mencapai jutaan unit tentu saja biaya yang harus dikeluarkan Toyota tidaklah sedikit. Baca juga Honda Bersiap Lakukan Recall 367.014 Mobil di Indonesia dan Mobil Mewah Mercedes Benz Kena Recall Akibat Airbag

Top