Airbag Bermasalah, Mazda Recall Jutaan Unit Mobil

Mazda Motor Corporation Kampanyekan Recall Pada 1,9 Juta Unit Mobil – Nampaknya, akhir-akhir ini beberapa produsen mobil terpaksa harus mengkampanyekan recall terhadap ratusan bahkan jutaan mobilnya. Permasalahnya bervariasi, namun kebanyakan adalah permasalahan pada sistem keselamatan. Kali ini, Mazda menjadi salah satu produsen yang mengalaminya. Jutaan mobil harus terpaksa diperbaiki kembali akibat permasalahan pada Airbag.

mazda-motor-corporation-kampanyekan-recall-pada-1-9-juta-unit-mobil

Meskipun sudah tidak lagi menggunakan Airbag dari produsen Takata yang beberapa waktu lalu dikabarkan memproduksi Airbag bermasalah, rupanya kesalahan pada Airbag menjadi faktor penyebab Mazda harus melakukan recall pada jutaan unit mobilnya. Jumlah yang harus ditarik cukup besar yaitu mencapai angka 1,9 juta unit hampir di seluruh dunia.

Informasi yang berasal dari Reuters dan dilansir pada halaman KompasOtomotif, Senin (22/02/2016), mengatakan bahwa sekitar 1,5 juta unit Mazda6 yang diproduksi di China dan pabrikan-pabrikan luar Jepang lainnya seperti Eropa, Australia dan negara di Asia lainnya merupakan mobil yang mengalami masalah tersebut.

Tak hanya untuk produksi luar Jepang saja, Mazda juga menarik kembali sekitar 200.000 unit mobil di Jepang untuk model-model seperti Atenza, truk komersial Titan dan beberapa model lainnya yang berada di bawah kontrak produksi Mazda.

separator

Permasalahan pada airbag tersebut, terjadi akibat sebagian besar berada pada bagian inflator yang cacat. Kecacatan yang diklaim adalah airbag tersebut sangat sensitif terhadap kelembaban. Sehingga hal itu bisa memicu propelan meledak dengan kekuatan besar dan dapat membuat tabung inflator pecah. Dari permasalahan tersebut, rupanya Mazda telah mendapat beberapa laporan kematian  dan lebih dari 100 cedera karena terkena serpihan dari pecahan tabung inflator.

Sementara itu, untuk Mazda Indonesia sendiri belum ada kabar terkait permasalahn dan recall tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Astrid Ariani Wijana selaku Senior Marketing PT Mazda Indonesia (MMI) bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan informasi apapun dari pihak Takata, karena kabar yang didapat langsung dari Mazda Jepang.

Untuk itu, Mazda Indoensia masih menunggu konfirmasi dari Takata terkait produk mana saja yang bermasalah. Apakah Mazda6 di Indonesia juga akan terkena Recall? Baca juga Honda Bersiap Lakukan Recall 367.014 Mobil di Indonesia dan Mobil Mewah Mercedes Benz Kena Recall Akibat Airbag

Top