Solarlite, Menu BBM Terbaru Pertamina untuk Mesin Diesel!!

Pertamina Siap Luncurkan BBM Diesel Baru Bernama Solarlite – Dalam waktu dekat ini PT Pertamina (Persero) bakal meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) terbarunya untuk mesin diesel yang diberi nama dengan Solarlite. Saat ini, BBM untuk mesin diesel tersebut masih dalam tahapan penelitian dan rencananya akan mulai dijual pada pertengahan tahun ini.

Pertamina Siap Luncurkan BBM Diesel Baru Bernama Solarlite

Menurut Wianda Pusponegoro selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan bahwa pihaknya kini masih terus melakukan studi untuk mendapatkan hasil sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan karenan nantinya, kualitas Solarlite harus di bawah Pertamina Dex. Selain itu Solarlite juga harus lolos ke dalam tahapan uji coba baik dari Ditjen Migas maupun lembaga terkait lainnya.

Solarlite ini tidak termasuk ke dalam kategori BBM bersubsidi dan secara segmentasi, Solarlite ini akan mengisi ceruk antara Pertamina Dex dan Solar (biasa). Mengenai kadar sulfur yang bakal terkandung di dalamnya juga belum dijelaskan. Pasalnya, spesifikasi ini nantinya bakal menjadi acuan bagi konsumen, khususnya mereka yang memiliki kendaraan pribadi bermesin diesel dengan teknologi common rail.

Setelah dilakukan uji lab, langkah yang harus dilakukan selanjutnya oleh Pertamina adalah mendaftarkan Solarlite ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) baru kemudian mulai dijual di masyakarat secara bertahap seperti yang pernah pertalite lakukan sebelumnya. Untuk harga yang akan diterapkan pada Solarlite ini tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan Pertamina Dex karena level spesifikasinya pun berada di bawahnya. Sekarang ini, Pertamina Dex dijual dengan harga Rp 9.600 per liter dan untuk Solarlite sendiri sampai saat ini belum bisa dibocorkan mengenai harganya, yang jelas lebih murah dan kemungkinan bisa seperti selisih harga antara Pertalite dengan Pertamax maupun Premium.

Dan sampai saat ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku belum mengetahui jika Pertamina berencana mengeluarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar jenis terbaru. Pasalnya, hingga saat ini belum ada keterangan tertulis dari Pertamina mengenai Solarlite. Tetapi jika Solar jenis baru tersebut jadi diluncurkan, Pertamina wajib menerapkan mandatori 20 persen CPO pada solar itu. Mandatori tersebut, sesuai dengan UU terkait penggunaan CPO.

 

Top