Harga Kawasaki Z125 PRO 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Kawasaki Z125 PRO dan Spesifikasi – Menjadi perbincangan hangat semenjak awal tahun kemarin, akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi merilis Kawasaki Z125 PRO pada minggu terakhir bukan Februari 2016 ini. Sebelumnya, kehadiran motor sport mungil lansiran pabrikan asal Jepang itu memang sudah menimbulkan rasa penasaran di benak pecinta otomotif Indonesia. Pertama kali muncul, Kawasaki Z125 PRO lahir di Thailand. Di Negeri Gajah Putih tersebut, Z125 PRO dihadirkan untuk berkompetisi dengan Honda MSX 125 di kelas sport mini moto. Kesuksesan Z125 PRO di Thailand rupanya membuat PT KMI tertarik untuk memboyongnya ke Tanah Air. So, akhirnya dihadirkanlah Kawasaki Z125 PRO secara completely built up alias CBU dari Thailand. Kedatangan Z125 PRO yang membawa gen Kawasaki Z Series ini memang sempat menimbulkan spekulasi apakah PT KMI akan segera ‘memensiunkan’ Kawasaki KSR 110, menginat saat ini KSR 110 menjadi andalan Kawasaki Indonesia di segmen mini moto. Namun rupanya, PT KMI sudah menyiapkan rencana sendiri untuk Z125 PRO. Ya, Kawasaki Indonesia memastikan bahwa Kawasaki Z125 PRO tak akan ‘mengganggu gugat’ keberadaan Kawasaki KSR 110. Maka, jadilah Z125 PRO ini sebagai anggota baru keluarga Kawasaki Z Series dengan spesifikasi paling bontot.

kawasaki z125 pro

Membawa gen Kawasaki Z Series, jelas Kawasaki Z125 PRO akan memiliki tampilan khas Street Fighter nan eksklusif seperti model Kawasaki Z lainnya. Kerennya lagi, untuk model Z125 PRO ini Kawasaki menggabungkan basis desain antara Kawasaki Z Series dengan Kawasaki ER6N. So, bisa dipastikan bahwa desain eksterio pada Kawasaki Z125 PRO akan sangat kentara aura street-nya. Mengambil konsep supernaked agresif, model Z125 PRO secara tampilan masih mewakili konsep desain tajam dan sporty, khas model Kawasaki Z. Meskipun memiliki dimensi kompak, namun tetap saja Z125 PRO menunjukkan kesan supernaked yang benar-benar agresif. Sedangkan di jantung mesinnya, Kawasaki Z125 PRO kali ini dudukung dengan mesin 4-tak single cylinder SOHC 125cc dan sudah berpengabut bahan bakar Fuel Injection. Secara teknis, memang Z125 PRO masih mengambil basis yang sama dengan Kawasaki Athlete PRO. Namun PT KMI sendiri mengklaim jika mesin Z125 PRO telah di-upgrade sedmikian rupa sehingga lebih powerful, dan pastinya lebih hemat bahan bakar. Tak hanya itu saja, sebagai produk spesial, Kawasaki Z125 PRO juga didukung dengan shockbreaker model monoshock di bagian belakang, dan shock model up-side down di bagian depan layaknya big bike premium. Belum lagi kehadiran muffler underbelly, sepeedometer digital plus takometer, rem cakram depan-belakang, dan masih banyak lagi lainnya siap memberikan value lebih untuk Kawasaki Z125 PRO ini di pasaran. Nah agar lebih jelas, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Z125 PRO pada segmen-segmen berikut ini.

motor kawasaki z125 pro

Review Kawasaki Z125 PRO

Desain

Sport Minimoto dengan Desain Street Fighter ala Kawasaki Z-Series

Untuk segmen pembuka ini, Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk mengulas detail eksterior dari spesifikasi Kawasaki Z125 PRO ini. Yup, seperti yang sudah kita ketahui secara tampilan memang motor ini masih mengadaptasi desain yang identik DNA Kawasaki Z Series. Hal tersebut bisa dibuktikan dari tampilan eksteriornya yang menawarkan lekukan body tajam dan muskular. Mulai dari desain headlamp yang diracik dengan model v-shape lampu bohlamp berpadu dengan desain tangki dual tone colour yang tampak berotot dan memiliki fuel cap rata. Sementara itu secara keseluruhan desain body Kawasaki Z125 PRO juga cukup garang dengan undercrowl model lancip plus shroud ala Z-Series. Sedangkan pada desin tampilan body belakangnya, model Z125 PRO kental sekali aura motor Street Fighter tanpa adanya handle grab, dengan menghadirkan siluet khas Kawasaki Z-Series pula. Beranjak ke bagian stoplampnya yang sudah LED, Kawasaki Z125 PRO didesain dengan garis besar big bike Kawasaki dipadukan slebor belakang yang cukup dinamis dan stylish. Mengandalkan kanlpot model underbelly, dari sudut pandang tampilan menurut Mas Sena merupakan motor yang benar-benar mewah secara visual. Atau bisa dibilang, Kawasaki Z125 PRO adalah motor yang diracik dari dua DNA berbeda, yaitu Kawasaki ER6N dan Kawasaki Z-Series bila dilihat dari desain monoshock, muffler, shroud, tangki, dan banyak lagi namun dalam versi yang lebih mini. So, dengan desain spesifikasi Kawasaki Z125 PRO yang sedemikian rupa beraura Kawasaki Z Series, maka kesan street memang sangat terlihat pada model mini moto yang satu ini.

spesifikasi kawasaki z125 pro

Speedometer

Konsol Meter Kombinasi Panel Digital dan Manual yang Lengkap dan Informatif

Untuk segmen selanjutnya, kali ini Mas Sena akan membedah spesifikasi Kawasaki Z125 PRO di bagian yang tak terlalu dominan namun turut menambah estetika tampilannya yaitu konsol meter. Pada piranti yang satu ini, model Z125 PRO membawa desain modern dengan dua kombinasi yaitu analog dan digital. Terbagi menjadi dua cluster, Kawasaki meracik sport mini moto Kawasaki Z125 PRO lewat model yang cukup futuristik. Konsol meter dengan lampu latar belakang orange tersebut memang belum menganut model negative layaknya motorsport pemium. Namun dengan kelengkapan yang dimilikinya sudah cukup untuk menunjang aspek berkendara penggunanya. Di konsol meter Kawasaki Z125 PRO ini, Bro dan Sis bisa menemukan kelangkapan indikator seperti gear position, fuel gauge, speedometer, clock, odometer, hingga trip meter yang semuanya disajikan dalam bentuk atraktif dan tentunya juga sangat informatif. Meski panelnya tak selengkap motor sport premium lainnya, namun spesifikasi Kawasaki Z125 PRO pada bagian dashboard serta konsol meter ini jelas menunjukkan kesan eksklusif yang ada padanya.

spesifikasi motor kawasaki z125 pro

Dimensi

Dimensi Kompak Hadirkan Performa Mantap dan Handling Lebih Mudah

Beranjak dari pembahasan di bagian konsol meter, berikutnya Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk membedah sektor dimensi dari spesifikasi Kawasaki Z125 PRO ini. Sekilas, menyesuaikan konsepnya, model Z125 PRO memang terlihat cukup mini dan kompak. Untuk ukuran fisiknya, motor ini memiliki ukuran tubuh meliputi panjang body 1.700 mm, lebar 740 mm dan tinggi sekitar 1.005 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.175 mm dan ketinggian jok mencapai 780 mm. Sehingga melihat dimensi yang diusung Kawasaki Z125 PRO tersebut, membuat motor ini cukup mungil untuk segmen motorsport. Lewat dimensi kompaknya tersebut, Z125 PRO justru asyik untuk diajak melibas jalanan dengan trafik lalu lintas yang padat apalagi dengan bobot bersih yang hanya 101 kg. Namun memang dengan dimensi yang dibawanya ini, model Kawasaki Z125 PRO ini bukanlah kendaraan yang tepat untuk riding jarak jauh. So, apabila melihat spesifikasi teknis dimensi Z125 PRO pada bagian dimensinya, motor ini memang lebih cocok sebagai komnuter harian karena menawarkan tingkat handling dan manuver yang mudah. Belum lagi, meski berukuran mini, ternyata spesifikasi Kawasaki Z125 PRO masih asik untuk berboncengan lewat racikan jok dan keberadaan foosteep yang dimilikinya.

harga motor kawasaki z125 pro

Suspensi

Didukung Suspensi Berteknologi Tinggi Khas Motor Sport High-end

Karena didaulat sebagaia adaptasi Kawasaki Z-Series, tentunya spesifikasi Kawasaki Z125 PRO juga sudah dibekali dengan piranti suspensi yang mumpuni khas motor high-end lainnya. Sebab dengan suspensi yang dibawanya juga turut berpengaruh terhadap handling dan performa berkendara di jalanan, belum lagi kehadiran suspensi depan dan belakang yang dimiliki Kawasaki Z125 PRO ini juga turut menambah nilai lebih di pasaran. Meski berbobot ringan, namun utnuk suspensii depan pada model Z125 PRO sudah mengadopsi jenis shock Up-side down (USD) layaknya big bike. Shock depan USD tersebut memiliki ukuran fork 30 mm dengan panjang stroke 100 mm sehingga mampu menghadirkan stabilitas berkendara kelas satu.  Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Kawasaki Z125 PRO mengusung jenis monoshock tanpa link, Didesain cukup menarik dengan posisi ahak berada di samping (offset laydown rear suspension) mirip Kawasaki ER6N. Lantas untuk sektor pengeremannya, Kawasaki Z125 PRO baik roda depan atau belakang menggunakan rem cakram hidrolik satu piston caliper, dengan diameter 200 mm untuk cakram depan dan 180 mm untuk cakram belakang. Terakhir di bagian rodanya, spesifikasi Kawasaki Z125 PRO membawa velg racing diameter 12 inchi yang dibalut ban lebar berukuran 100/90 49J di depan dan ban 120/70 51L di bagian belakangnya.

review kawasaki z125 pro

Mesin

Mesin SOHC 2-Valve Fuel Injection Berkapasitas 125cc yang Tangguh dan Tetap Irit Bahan Bakar

Pada segmen kali ini, saatnya Mas Sena mengulas detail spesifikasi Kawasaki Z125 PRO di bagian yang paling vital yaitu jantiung dapur pacunya. Menyesuaikan dengan dimensi yang dibawanya, sektor mesin juga mengimbangi dengan membawa spesifikasi yang tak terlalu mencolok. Dimana model Z125 PRO ini mengusung tipe mesin sama dengan Kawasaki Athlete 125 PRO lewat mesin 1 silinder 4-tak SOHC 2-valve berpendingin udara. Mesin yang menjadi jantung penggerak Kawasaki Z125 PRO tersebut berkubikasi 125cc, dan diameter bore 56 mm dan stroke 50,6 mm memiliki rasio kompresi di angka 9,8 : 1. Sementara untuk mengefisiensi pemakaian bahan bakar, Kawasaki telah menyertakan suplai bahan bakar Fuel Injection dengan throttle body 24mm. Lewat mesin yang dibawanya ini, Kawasaki Z125 PRO mampu menghasilkan power maksimum hingga 99.4 PS di 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,5 N.m di 6000 rpm. Artinya untuk spesifikasi mesin motor ini sama persis dengan Z125 PRO yang diluncurkan di Thailand. Dengan mesin yang dibawanya tersebut, tentunya Kawasaki Z125 PRO sangat ideal untuk kendaraan harian karena menawarkan performa yang lebih jinak dan pastinya irit bahan bakar. Untuk transmisi penggeraknya sendiri, spesifikasi Kawasaki Z125 PRO menggunakan tipe gearbox 4 percepatan manual.

Fitur

Dilengkapi Banyak Fitur Modern untuk Sensasi Berkendara yang Maksimal

Untuk pembahasan spesifikasi Kawasaki Z125 PRO yang terakhir ini, Mas Sena akan mengulas secara detail mengenai fitur penunjang yang dibawa oleh mini nakedbike ini. Untuk fitur yang satu ini, ternyata Kawasaki Z125 PRO sudah cukup mumpuni untuk mengahdirkan eprforma berkendara yang lebih baik untuk Bro dan Sist semua. Mulai dari fitur rangka dan jok yang diracik cukup panjang sehingga memungkinkan rider berboncengan dengan kenyamanan tinggi. Sementara itu Kawasaki Z125 PRO juga dirancang lewat sasis yang kompak namun tetap rigid, dan uniknya sasis samping dikamuflase dengan plastik sehingga terlihat sama seperti sasis Twin Spar layaknya big bike. Untuk bagian tangkinya, model Z125 PRO membawa tangki berkapasitas 7,4 liter. Lalu kita juga bisa menjumpai kabel spontan pada spesifikasi Kawasaki Z125 PRO, yaknis satu kabel yang sudah dilengkapi dengan engine cut-off serta simple starter switch.

Video Kawasaki Z125 PRO

Berikut ini adalah official video Kawasaki Z125 PRO yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Kawasaki ini:

Spesifikasi Kawasaki Z125 PRO

Mesin
Tipe Mesin SOHC 4-Stroke, 2-Valve, Single Cylinder, Air-cooled
Kapasitas Isi Silinder 125cc
Diameter x Langkah 56.0mm × 50.6mm
Perbandingan Kompresi 9,8: 1
Tenaga Maksimum 9,4 PS / 7500 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm / 6000 rpm
Sistem Pengapian Magneto DC-CDi
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Transmisi
Tipe Transmisi Manual, 4-Speed
Tipe Kopling Wet multi-disc, manual
Dimensi
P x L x T 1700mm x 740mm x 1.005 mm
Jarak Sumbu Roda 1175mm
Tinggi Tempat Duduk 780mm
Berat Kotor 101 kg
Kapasitas Tangki Bensin 7,4 L
Suspensi
Suspensi Depan Upside-down, Teleskopik (Inverted
Suspensi Belakang Single Shock
Pengereman
Rem Depan Disc Brake NISSIN
Rem Belakang Disc Brake NISSIN
Ban dan Velg
Ban Depan 100/90 – 12 49J
Ban Belakang 120/90- 12 51L

Harga Kawasaki Z125 PRO

Setelah Mas Sena mengungkap secara detail mengenai spesifikasi teknis dari model Z125 PRO, apakah Bro dan Sis sudah cukup puas dengan pembahasan kami? Jika sudah, maka saatnya kita mengulas mengenai detail harga Kawasaki Z125 PRO ini. Namun seperti biasa, sebelum lebih jauh mengulas rincian harga yang ditawarkan, Mas Sena akan lebih dulu menyampaikan garis besar spesifikasi unggulam dari Kawasaki Z125 PRO ini. Resmi dirilis untuk segmen mini naked bike, model Z125 PRO memiliki dimensi kompak, namun masih menunjukkan kesan supernaked yang benar-benar agresif  layaknya Kawasaki ER6N dan Z-Series. Sedangkan di jantung mesinnya, Z125 PRO kali ini dudukung dengan mesin 4-tak single silinder SOHC125cc dan sudah berpengabut bahan bakar Fuel Injection. Lantas sebagai produk istimewa, harga Kawasaki Z125 PRO memang juga dipengaruhi oleh beberapa fitur khas motor sport premium, seperti misalnya shockbreaker model monoshock di bagian belakang dan shock model up-side down di bagian depan, muffler underbelly, sepeedometer digital plus takometer, rem cakram depan-belakang. So, meski merupakan model sport mini moto, memang spesifikasi teknis model Z125 PRO ini memiliki konsep yang barbasis motor sport premium khas Kawasaki. Nah sekarang, kira-kira harga Kawasaki Z125 PRO ini berapa ya?

harga kawasaki z125 pro

harga kawasaki z125 pro terbaru

Dengan melihat banyaknya keunggulan yang ditawarkan, belum lagi ditambah model yang satu ini diimpor langsung dari negeri Thailand, sudah bisa dipastikan jika harga Kawasaki Z125 PRO akan cukup mahal. Dan benar saja, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi membanderol motor naked bike mungil terbarunya ini dengan harga Rp 30,8 jutaan On-the Road Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Jika diamati, memang harga Kawasaki Z125 PRO tersebut masuk kategori mahal untuk motor berkubikasi 125cc. Namun mengingat motor ini bukanlah motor mainstream dan pangsa pasarnya bukanlah sembarang orang, tentunya harga tersebut sudah cukup ideal. Sedianya, Kawasaki Z125 PRO akan dipasarkan dalam dua varian warna, yaitu Candy Lime Green dan Candy Burnt Orange. Ya, dengan harga berkisar Rp 30 jutaan lebih kita bisa mendapatkan kendaraan yang memiliki tampilan khas motor premium Z-Series, ditambah piranti teknologi kelas atas, dan tentunya kualitas internasional. Selain spesifikasi teknis mumpuni, kesan eksklusif pun juga pastinya akan sangat terjaga sehingga banderol harga Kawasaki Z125 PRO ini dipatok cukup mahal untuk segmen sport 125cc.

Harga Kawasaki Z125 PRO

Rp 30.800.000,- (OTR Jadetabekser)

Lagi-lagi rilisnya model Z125 PRO menjadi bukti jika PT KMI bukanlah pemain pengikut atau follower dalam industri pasar motor di Tanah Air. Meskipun harga Kawasaki Z125 PRO menjadi sangat mahal, tentunya eksklusifitas produk khas Kawasaki juga menjadi tawaran yang cukup menggiurkan. Dengan PT KMI yang saat ini berfokus untuk segmen motor sport kelas atas telah menjanjikan banyak model baru untuk Indonesia tahun ini, kehadiran model Z125 PRO ini juga bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup baik. Tentunya bagi konsumen awam, Kawasaki Z125 PRO merupakan produk yang mahal dan tak cocok bagi pasar Indonesia. Tetapi menurut Mas Sena sendiri, model Z125 PRO merupakan motor berkualitas tinggi yang memang menyasar konsumen berbeda. Motor sport yang satu ini juga memiliki banyak value untuk meramaikan pasar naked bike Tanah Air. Nah, langkah KMI merilis harga Kawasaki Z125 PRO di antara range Rp 30 jutaan memang patut diapresiasi. Dan buat Bro atau Sis semua yang pengen mencicipi sensasi berkendara dengan Z125 PRO, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk meminangnya. Lantaran pada Februari sampai ajang Jakarta Fair 2016 berakhir, harga Kawasaki Z125 PRO dibanderol dengan harga promo yang menggiurkan. Jadi, tunggu apalagi! Nah itulah tadi ulasan lengkap Mas Sena mengenai motor sport mini terbaru lansiran Kawasaki Indonesia. Jangan lupa baca juga review mengenai Kawasaki D-Tracker dan Kawasaki KLX 150.

  • Z125 PRO F4ZA

    Sayangnya bunyi nangis koplingnya sangat keras dan bunyi besi berantem saat perpindahan gigi juga sangat keras..

Top