AHM Belum Berencana Jual Forza 150 di Tanah Air

Honda Forza 150 Sulit Dijual di Indonesia – Beberapa waktu belakangan ini, kabar mengenai kedatangan skutik gambot dari Honda semakin santer terdengar. Dilaporkan saat ini PT Astra Honda Motor (AHM) tengah menyiapkan varian skuter matik bercitarasa Eropa sebagai penantang Yamaha NMAX, yang kian mentereng di pasaran. Adapun motor yang disiapkan AHM tersebut adalah Honda Forza yang diadopsi dari pasar Eropa namun dengan mesin Honda Vario 150.

AHM Belum Berencana Jual Forza 150 di Tanah Air

Informasi yang ramai beredar sejauh ini, AHM sebenarnya dalam tahap pengembangan varian baru matik dengan desain identik Honda Forza 125 untuk pasar Indonesia. Motor ini diberitakan bakal menjadi penerus dari Honda PC-X yang saat ini masih dijual di dalam negeri lewat jalur CBU dari Vietnam.

Sementara itu, saat dikonfirmasi mengenai kedatangan Honda Forza di dalam negeri, pihak AHM justru mengatakan jika hal tersebut sulit terjadi. Sebagaimana hal ini diungkapkan oleh Koji Sugita, selaku Marketing Director PT AHM.

“Kami belum berencana menjual Forza di Indonesia. Itu dikarenakan Forza memiliki desain Eropa dan harganya bisa sangat mahal jika dijual untuk pasar Indonesia,” jelas Sugita, dilansir dari laman Otomotifnet, hari Sabtu (27/2).

Sugita juga menambahkan untuk sekarang ini, AHM lebih memilih fokus di pasar Honda PC-X dan bukan Honda Forza, sebab dinilainya Honda Forza bukanlah lawan sepadan Yamaha NMAX.

“Saat ini kami masih lebih prefer dengan PCX dibanding Forza. Lagipula Honda Forza di Eropa itu ditujukan untuk melawan Yamaha SMAX, bukan NMAX,” imbuhnya.

Mengenai spesifikasinya, Honda Forza 125 yang dipasarkan di Eropa memiliki bekal mesin hampir mirip dengan Honda Variuo 125 di Indonesia, lewat teknologi eSP. Mesin tersebut memiliki bore 52,4 mm dan stroke 57,9 mm, serta rasio kompresi 11,5 : 1. Yamaha Forza 125 lewat mesinnya tersebut mampu semburkan daya maksimum hingga 10,5 kW pada putaran 8.750 rpm dan torsi puncak mencapai 12 Nm pada putaran 8.250 rpm.

Dibanderol dengan harga cukup mahal yakni 4.099 Euro atau setara Rp 60,7 jutaan, Honda Forza 125 sudah dilengkapi fitur mutakhir seperti takometer, volume bagasi 48 liter yang muat dua helm full face, headlamp LED, lampu sein depan yang berada di spion dan lain sebagainya. Baca juga Yamaha R15 Facelift 2016 Segera Menampakkan Diri dan Honda CBR500R Resmi Diluncurkan AHM dengan Harga Rp 144 Juta.

  • IMAN FIRMANSYAH SUYATNA

    kenapa mesin pcx ga pake body forza aja tuh

    • Ricardo

      kemahalan ntar mas gabisa bersaing sama nmax

Top