Kemampuan Mahasiswa Indonesia Diadu dalam AJang Shell Eco-Marathon Asia!!

Sebanyak 20 Tim Mahasiswa Indonesia Ikut Lomba Irit di Ajang Shell Eco-Marathon Asia 2016 – Prestasi mahasiswa Indonesia memang tak diragukan lagi, sebanyak 20 tim mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari 10 kota di Indonesia akan mengikuti kompetisi dalam ajang Shell Eco-Marathon Asia (SEM) 2016 di Manila Filipina pada tanggal 3-6 Maret mendatang.

Sebanyak 20 Tim Mahasiswa Indonesia Ikut Lomba Irit di Ajang Shell Eco-Marathon Asia 2016

Dalam ajang tersebut, 20 tim mahasiswa Indonesia akan beradu dalam kompetisi dengan kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta sub kategori berbagai sumber energi. Tim mahasiswa Indonesia tersebut juga akan berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award.

Advertisement

Jumlah peserta yang dikirimkan oleh Indonesia merupakan jumlah terbanyak kedua setelah tuan rumah Filipina yang menurunkan sebanyak 28 tim. Ada lebih dari 100 mahasiswa dari 17 negara Asia, Timur Tengah serta Afrika yang nantinya akan menghadiri kompetisi yang diadakan di Filipina tersebut.

Shell Eco-Marathon sendiri merupakan wujud komitmen Shell untuk membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang terus menerus meningkat melalui kerjasama dengan para pelajar, mitra, dan pihak yang terkait lainnya. Para peserta akan ditantang untuk meningkatkan efisien energi di lingkungan perkotaan dengan mencari mobil yang bisa melaju dengan jarak jauh menggunakan satu liter bahan bakar. Dalam kesempatan tersebut, kecepatan mobil tidak diperhitungkan karena tujuan utamanya adalah menciptakan kendaraan yang hemat energi, ramah lingkungan serta mengedepankan aspek keselamatan.

Pada kategori Prototype, mahasiswa akan melombakan mobil futuristik yang bertujuan memaksimalkan efisiensi sumber energi (bahan bakar) dengan elemen desain yang inovatif. Sedangkan untuk kategori UrbanConcept sendiri, desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar akan disesuaikan dengan kebutuhan mengemudi yang layak jalan.

Dalam ajang ini, sebanyak 100 unit kendaraan akan ikut berpartisipasi meramaikan. Kendaraan tersebut pun akan ditampilkan dengan berbagai jenis bahan bakar (energi) yang terdiri dari  gasoline (bensin), solar, bensin alternatif (etanol 100), solar alternatif (bahan bakar gas atau Metil Ester Asam Lemak produk Shell), baterai elektrik atau sel bahan bakar hidrogen.

 

Top