Awal Tahun 2016 Pasar Motor Bekas Anjlok

Penjualan Motor Bekas Tahun Ini Diprediksi Menurun Signifikan – Masih dalam periode awal tahun 2016, ternyata lesunya pasar penjualan motor tetap bertahan. Tak hanya penjualan motor baru, trend melemahnya pasar juga terjadi untuk motor bekas pakai. Bahkan kondisi penjualan motor bekas yang terus menurun awal tahun ini, dinilai lebih buruk dibandingkan trend penjualan motor bekas tahun lalu.

Awal Tahun 2016 Pasar Motor Bekas Anjlok

Hal ini diungkapkan oleh pemilik sebuah showroom motor bekas, Rudi Motor, yang bertempat di Jakarta Barat.

“Turun lagi awal tahun ini, turunnya itu sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu. Benar-benar sulit juga memasuki awal tahun ini. Hanya saja kita tetap berharap kondisi akan semakin membaik,” ungkap Rudy, diberitakan oleh laman Viva.co.id, hari Selasa (1/3).

Ditambahkan oleh Rudy menurunnya daya beli masyarakat, diakibatkan karena lesunya perekonomian di dalam negeri. Faktor ini pula yang membuat masyarakat memilih bertahan pada kendaraan yang dimilikinya saat ini ketimbang harus membeli motor lainnya. Sementara melemahnya daya beli masyarakat pada motor bekas, faktanya terbalik dengan daya jual masyarakat yang malah meningkat.

separator

“Untuk jual motor ada lumayan banyak, hanya saja yang beli agak sulit. Banyak PHK juga saat ini kan, jadi daya beli dan ekonomi memang sedang menurun, sehingga orang masih mikir kalau mau ganti motor,” kata Rudi lagi.

Menanggapi masalah ini, Rudi tetap yakin jika trend melemahnya penjualan motor bekas saat ini bukanlah dalam jangka panjang. Rudi juga percaya jika bisnis jual beli motor bekas masih tetap potensial ke depannya dan buruknya penjualan tak akan berlangsung lama. Apalagi mengingat saat ini motor merupakan kebutuhan priorotas masyarakat terutama di Ibukota Jakarta.

“Semua rumah biasanya akan memiliki minimal satu motor. Pekerjaan juga ditunjang dari kendaraannya, salah satu yang paling murah dan efisien digunakan ya sepeda motor, jadi saya optimis akan membaik,” tutupnya.

Dari data yang dirilis Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan pada tahun 2016 memang mengalami trend penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat bulan Januari 2015, sebanyak 513.816 unit berhasil terjual, angka ini berselisih lumayan signifikan dengan periode bulan Januari 2016 yang hanya mencatatkan penjualan sebanyak 443.449 unit saja. Baca juga Honda Lengkapi Line-up Big Bike di Indonesia dengan CBR500R dan Toyota Limo Bekas Taksi Masih Laris Manis di Pasaran.

Top