Truk Hibrida Dinilai Belum Cocok Untuk Indonesia

All New Center Eco Hybrid Tidak Akan Dipasarkan di Indonesia – Apabila diingat, sudah sejak tahun 2012 lalu Mitsubishi telah mulai memasarkan kendaraan niaga berteknologi hibridanya di Jepang. Truk ramah lingkungan tersebut cukup menjadi andalan dari Tiga Berlian.

all-new-center-eco-hybrid-tidak-akan-dipasarkan-di-indonesia

Kendaraan yang diberi nama dengan All New Center Eco Hybrid ini membawa mesin dengan performa yang cukup tangguh berkat adanya diesel 4P10 dan motor listrik yang bertenaga Lithium Ion sebesar 40 kW (200 nM).

Namun, cukup lama ditunggu rupanya kendaraan niaga tersebut tak kunjung dikabarkan akan mendarat ke Indonesia. Baru beberapa waktu yang lalu, terdengar bahwa All New Eco Hybrid belum cocok untuk pasar Indonesia sehingga dipastikan kendaraan ini tidak akan masuk ke pasar Tanah Air. Sebetulnya disayangkan, karena kendaraan ini telah membawa teknologi-teknologi canggih.

Terkait hal ini, Presiden Direktur dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Hisashi Ishimaki, mengatakan seperti yang dilansir pada halaman KompasOtomotif, Kamis (03/03/2016) bahwa saat ini kemungkinan truk hibrida kecil kemungkinannya untuk masuk ke pasaran Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah, selain kemungkinan besar harganya akan menjadi lebih mahal, untuk urusan kebijakan pemerintah juga masih belum ada konfirmasi tentang kendaraan ramah lingkungan.

separator

Dalam keterangan tersebut dikutip, ” Sebenarnya juga kami belum punya rencana menjualnya di Indonesia. Jika memang dijual di Indonesia infrastrukturnya belum mendukung,” begitu keterangan yang dilansir dari sumber yang sama.

Selain itu, permintaan dari konsumen Indonesia untuk kendaraan hibrida juga belum ada. Kalau memang sudah ada, kemungkinan besar pemerintah juga akan memberi kebijakannya karena akan menciptakan pasar tersendiri untuk segmentasi kendaraan ramah lingkungan ini.

Persiapan di Indonesia sendiri juga masih belum ada untuk beberapa hal seputar layanan servis serta perawatan untuk teknologi canggih sekelas hybrid. Untuk itu, perusahaan hanya fokus produksi truk-truk yang sudah ada untuk pasar Tanah Air.

Perlu diketahui, kendaraan All New Eco Hybrid ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Dengan penekanan pada penggunaan BBM, maka tentu saja tidak akan memberi emisi atau biasa disebut ramah lingkungan. Selain itu, torsi yang dihasilkan juga lebih besar berkat motor listrik. Tak hanya itu, penggunaan truk ini juga lebih menghemat biaya. Baca juga Mitsubishi Fuso Tetap Jadi Market Leader di Segmen Kendaraan Niaga di Tahun 2015 dan Tata Motors Pamer Unit Kendaraan Niaga Andalannya di Jakarta Fair Kemayoran 2015

Top