AHM Kesulitan Tentukan Harga Honda RC213V-S

Jika Masuk Indonesia, Harga Honda RC213V-S Dipastikan Fantastis – Setelah mengundang euforia di luar negeri, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) juga turut mendatangkan motor balap Marc Marquez di MotoGP namun dalam versi jalanan. Motor yang diberi nama Honda RC213V-S tersebut dipamerkan di hadapan awak media dan komunitas big bike Honda.

AHM Kesulitan Tentukan Harga Honda RC213V-S

Sementara itu, menanggapi kemungkinan Honda RC213V-S dijual di Indonesia, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengaku masih pikir-pikir. Dijelaskannya motor replika Marc Marquez ini bisa saja dipasarkan di negara-negara lain, tetapi untuk pasar Indonesia AHM ternyata kesulitan menghitung berapa uang yang mesti dikeluarkan konsumen karena mahalnya banderol Honda RC213V-S.

“Di Indonesia juga bisa dijual, tetapi saya susah menghitungnya (harga jualnya). Sebab, harga di luarnya saja sudah sangat mahal sekali,” ungkap Loman dirangkum dari laman KompasOtomotif, hari Sabtu (12/3).

Bengkaknya banderol Honda RC213V-S jika dipasarkan di Indonesia tak lepas dari beban pajak  untuk kendaraan impor yang sangat tinggi. Dimana untuk yang satu ini, Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) bisa naik dari 75 persen menjadi 125 persen.

separator

“Sehingga harga di Indonesia bisa lebih tinggi ketimbang yang dijual di Eropa atau Jepang, karena pajak tersebut,” imbuh Loman.

Sementara itu di kesempatan yang sama, GM  Divisi Penjualan AHM, Thomas Wijaya, mengatakan jika ada konsumen yang ingin membeli Honda RC213V-S tanpa peduli banderol harganya, pihak AHM siap membantu dengan mengkomunikasikannya bersama pihak prinsipal.

Meskipun dipamerkan ke hadapan publik, namun Honda RC213V-S tidak dijual untuk saat ini. Sebab Honda RC213V-S yang dipajang di display, adalah milik AHM dan mengandung filosofi spesial karena memiliki nomor seri 070 yang sekaligus menandakan ulang tahun Indonesia ke-70 pada tahun 2015 kemarin.

Sekedar tambahan informasi, di Jepang Honda RC213V-S ini dibanderol dengan harga 21.000.000 yen atau setara dengan Rp2.3 miliar, di Inggris sebesar 150.000 poundsterling atau Rp3 miliar, di Jerman sebesar 188.000 euro atau setara Rp3,8 miliar. Sedangkan di Indonesia, Honda RC213V-S berpotensi dijual dengan harga Rp7 miliar menurut asumsi awal. Baca juga Pihak Leasing Ungkap Alasan Beli Motor Kredit Bisa Lebih Mahal dan Yamaha Konfirmasi Kabar Mengenai Kedatangan XMAX.

Top