Datsun Indonesia: Mobil Listrik, Kami Belum Mengembangkannya!

Datsun Indonesia Tanggapi Perkembangan Mobil Listrik Untuk Indonesia – Beberapa produsen kendaraan memang telah mulai menjual kendaraan ramah lingkungan yaitu mobil listrik. Melanjutkan pembahasan dari beberapa pihak yang mempertanyakan kehadiran mobil listrik di Indonesia, Datsun Indonesia juga turut memberikan kometarnya.

datsun-indonesia-tanggapi-perkembangan-mobil-listrik-untuk-indonesia

Beberapa produsen memang mengungkapkan komentarnya setelah pemerintah melalui Kemeterian Perindustrian (Kemenperin) mematangkan rencananya untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Ruapanya, beberapa APM di Indonesia telah ada yang mempersiapkan produk mobil listriknya. Lalu bagaimana tanggapan Datsun Indonesia?

Dalam kutipan yang dilansir dari halaman Okezone, Sabtu (12/03/2016) Datsun Indonesia mengungkapkan, “Kami secara khusus belum membahas hal itu. Karena untuk mobil listrik Datsun sendiri masih belum mengembangkannya,” Ujar head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja.

Dalam mengembangkan mobil listrik, Indriani mengungkapkan bukanlah hal yang mudah. Beberapa hal harus diperhatikan, karena hal ini terkait dengan adanya teknologi baterai yang sanggup memberi tenaga terhadap mesin mobil untuk melaju pada jarak jauh. Hal ini mengingat kebutuhan dari kendaraan seperti mobil memang sering difungsikan untuk perjalanan jauh. Sementara itu, hingga kini masih belum banyak perusahaan yang memproduksi baterai untuk mobil.

Advertisement

Selain itu, infrastruktur juga harus mendukung secara maksimal. Contohnya adalah penyediaan outlet isi ulang baterai harus tersedia di beberapa tempat seperti halnya tempat-tempat isi ualng BBM untuk mobil yang saat ini telah ada di Indonesia.Selain itu, outlet juga harus sanggup menyediakan fasilitas pengisian baterai dengan waktu singkat.

Bahkan Kementerian Perindustrian, melalui Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), I Gusti Putu Suryawirawan telah merencanakan untuk membuat sebuah kebijakan yang akan mendorong perkembangan industri mobil listrik di Indonesia.

Namun, pihaknya saja mengakui bahwa mobil listrik di Indonesia masih belum bisa maksimal di industri automotif Tanah Air, karena masih belum ada infrastruktur tersebut. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, termasuk dalam pemberian insentif, diharapkan nantinya dapat mendorong para produsen untuk memasarkan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Untuk itulah, peran pemerintah dalam hal ini yang menjadi kunci utama pergerakan perkembangan industri automotif di Indonesia. Baca juga Mitsubishi Indonesia Telah Siapkan Mobil Listrik Tinggal Menunggu Kebijakan Pemerintah dan All New Center Eco Hybrid Tidak Akan Dipasarkan di Indonesia

Top