Mobnas Esemka Siapkan Pabrik di Boyolali

Mobnas Esemka Bakal Diracik di Pabrik Boyolali – Belum lama ini, beredar informasi atas adanya rencana produksi dari Mobil Nasional (mobnas) Esemka. Dari kabar yang terus santer terdengar, mobnas bakal memulai proses produksi di semester kedua tahun 2016 ini.

mobnas-esemka-bakal-diracik-di-pabrik-boyolali

Melanjutkan informasi tersebut, rupanya berita yang cukup menarik kini sampai di media bahwa bocoran mengenai tempat berdirinya pabrik yang akan meracik mobil nasional tersebut juga telah mulai terdengar.

Berdasarkan sumber informasi terpercaya, pabrikan dari mobnas Esemka akan berdiri di wilayah Jawa Tengah. Bahkan proses pembangunannya telah berjalan.

Dari kutipan yang dilandir melalui halaman KpmpasOtomotif, Sabtu (12/03/2016),”Pabriknya di Boyolali, tepatnya Desa Demangan, Kecamatan Sambi,” Ujar nara sumber yang tidak disebutkan identitasnya.

Namun sayangnya, nara sumber masih enggan membuka secara gamblang informasi lebih lanjut. Ia mengelak, dan merasa tidak memiliki wewenang untuk mengungkapkan secara lebih detail lagi. Menurutnya, orang yang seharusnya mengungkapkan hal tersebut adalah AM Hendropriyono pemilik dari PT Adiperkasa Citra Lestari yang telah resmi merangkul PT Solo Manufactur Kreasi (SMK).

Nara sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa untuk keterangan yang lebih lanjut sebaiknya bisa ditanyakan saja pada Pak Hendro.

Advertisement

Dalam mengembangkan teknologi dari mobil nasional Esemka ini, perusahaan yang tak lain adalah milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut telah menjalin kerja sama dengan produsen mobil nasional Malaysia, Proton. Pengesahan berupa perjanjian hitam di atas putih berupa tanda tangan nota kesepahaman (MoU) itu telah dilaksanakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan juga oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan Februari tahun 2015 lalu.

Benar saja, surat kesepahaman tersebut rupanya telah satu tahun yang lalu disahkan. Sehingga tak heran apabila di tahun ini pembangunan pabrik mulai dijalankan untuk mengejar target produksi mobnas di tahun 2016.

Untuk target pasar sendiri, sama seperti mobnas Malaysia, Proton. Mobil nasional Esemka juga akan di pasarkan secara lokal di Indoensia. Kendaraan ini akan menjadi solusi baru bagi masyarakat yang mendambakan kendaraan berkualitas dengan harga lebih terjangkau. Baca juga Indonesia Bakal Jadi Poros Otomotif Asean dan Garansindo Tetap Akan Lanjutkan Proyek Mobil Nasional

Top