Kondisi Pasar Sepeda Motor Masih Dalam Masa Sulit

Kondisi Penjualan Sepeda Motor Masih Belum Pulih – Beberapa waktu belakangan, tepatnya sepanjang tahun 2015 memang untuk angka penjualan dari kendaraan sepeda motor di pasaran industri automotif global maupun lokal tengah mengalami penurunan. Terkait hal ini, para pelaku bisnis automotif khususnya kendaraan roda dua mengharapkan adanya perbaikan di tahun 2016 ini.

kondisi-penjualan-sepeda-motor-masih-belum-pulih

Kondisi pasar di tahun 2015 lalu memang terbilang kurang baik. Seperti catatan yang dilansir dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), untuk catatan di tahun 2014 total penjualannya telah berhasil mencapai angka 7.908.941 unit. Sementara catatan di tahun 2015 rupanya untuk anggota AISI dari lima merek seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, juga TVS mengalami penurunan yang cukup drastis.

Dari data yang diperoleh, untuk data AISI ditahun 2015 mengalami penurunan penjualan sebanyak 18 persen menjadi 6.480.155 unit.

Memasuki tahun 2016 ini, rupanya kondisi penjualan masih belum pulih. Perekonomian pasar masih tetap sulit. Dengan begitu masih belum terlihat adanya tanda-tanda peningkatan pasar. Bahkan, apabila dibandingkan dengan periode yang sama seperti tahun 2015 lalu, pada dua bulan pertama justru mengalami penurunan sebesar 11.1 persen.

separator

Untuk tahun ini, periode Januari-Februari hanya mencatat penjualan 941.127 unit sedangkan pada Januari-Februari 2015 lalu berhasil menjual sebanyak 1.058.874 unit. Dari data tersebut, angka penjualan di periode Januari dengan Februari 2016 memang angka kenaikannya sangat tipis yaitu dari 416.263 unit menjadi 524.864 unit.

Menaggapi hal ini, Gunadi Sindhuwinata selaku Ketua Umum AISI telah mengungkapkan rasa optimismenya, bahwa di tahun 2016 ini kondisi pasar sepeda motor lokal akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meskipun, kemungkinan besar kondisi tersebut baru akan terjadi di paruh kedua tahun ini.

Menurut pengamatan Gunadi, kondisi perekonomian Indonesia saat ini memang sedang menuju arah perbaikan. Hanya saja untuk prosesnya memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan. Hal inilah yang menjadi harapan bagi para anggota AISI untuk tetap optimis terhadap bisnis automotif di sektor kendaraan roda dua.

Gunadi kemudian menambahkan, bahwa menurutnya hal ini termasuk salah satu indikasi yang bagus. Namun, masih memerlukan waktu untuk meningkatkan angka penjualan. Jadi, untuk enam bulan pertama dipastikan kondisi pasar akan tetap seperti sekarang. Baca juga Jika Masuk Indonesia, Harga Honda RC213V-S Dipastikan Fantastis dan Pihak Leasing Ungkap Alasan Beli Motor Kredit Bisa Lebih Mahal

Top