Harga Honda CBR500R, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Honda CBR500R dan Spesifikasi – Sejak memutuskan untuk fokus bertarung di segmen big bike mulai tahun lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) langsung all-out menyajikan deretan motor premium untuk konsumen Indonesia, mulai dari big bike supersport lewat Honda CBR1000R SP dan Honda NM4 Vultus, kemudian ada pula big bike 650cc lewat Honda CB650F. Kini melengkapi line-up motor premiumnya di Tanah Air, AHM secara resmi merilis Honda CBR500R yang sekaligus menjadi variasi terbaru dari dua model sebelumnya di kubikasi yang sama yaitu Honda CB500X ABS dan Honda CB500F yang menyasar kelas motor 500cc. Adapun untuk Honda CBR500R adalah produk refreshment dari generasi Honda CBR500 yang lebih dulu melenggang di pasaran dengan perombakan bersifat major change. Artinya mayoritas sektor vital pada Honda CBR500R ini sudah direvisi dengan platform yang benar-benar baru, sebut saja desain tampilan, sektor permesinan, hingga penyematan fitur modern yang semakin menjadikan Honda CBR500R punya nilai lebih di segmen kelas atas.

Honda CBR500R

Perubahan mendetail yang pertama bisa kita jumpai pada konsep desain yang diracik oleh Honda untuk Honda CBR500R ini. Jika sebelumnya kita mengenal generasi Honda CBR memiliki desain kaku, namun tidak untuk Honda CBR500R. Lantaran motor ini memiliki sisi aerodinamika yang kuat dengan garis body lebih agresif mulai dari headlamp, sisi cowl, hingga fairing. Sementara di sektor mesinnya tak luput dipermak dengan basis baru berupa mesin 471 cc bertenaga 35 kW pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimum 43 Nm pada 7.000 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi constant mesh enam percepatan manual. Begitupun jika kita amati pada fitur penunjangnya, Honda CBR500R sudah dipersenjatai dengan ragam fitur modern seperti full digital LED pada konsol meter dan perangkat keamanan canggih Honda Intelligent Security System (HISS). Bicara soal keunggulan Honda CBR500R, tentunya tak berhenti sampai di sini saja. Penasaran kan? Simak ulasan lengkap dari Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda CBR500R pada segmen-segmen di bawah ini!

motor Honda CBR500R

Review Honda CBR500R

Desain

Desain Fisik Serba Tajam dengan Konsep Aerodinamis

Mengawali pembahasan Mas Sena kali ini untuk spesifikasi Honda CBR500R kita akan memulainya di sektor desain tampilan. Menilik sektor tampilan, kita akan mendapatkan kesan motor yang benar-benar ‘edgy’. Dengan konsep aerodinamis yang dimilikinya, Honda CBR500R memiliki garis body yang tajam, mulai dari sektor fairingnya, hingga lampu depan atau headlamp. Sekilas melihat desain lampu depannya, mengadopsi model dual keen eyes kombinasi lampu LED Light yang lebih sipit. Styling yang dibawanya mulai dari depan hingga ke belakang semuanya menegaskan Honda CBR500R terlihat lebih dinamis. Kontur tangki hingga sirip fairing juga terlihat kompak saling melengkapi, kemudian ditambah detail body tengah yang berkarakter tegas plus sektor buritannya dibangun dengan cukup sporty dimana jok pembonceng dibangun minimalis dikombinasikan stoplamp LED pula. Spakbor belakang Honda CBR500R juga tampak race look dengan bahan plat besi yang bisa dibongkar pasang. Terakhir di bagian muffler, Honda CBR500R juga sudah memiliki konsep big bike muffler 2 ruang internal dengan cover silver yang menarik. Sebenarnya soal desain yang mengambil tema aerodinamis ini bukanlah sekedar mengikuti gaya, sebab Honda juga merancang agar konsep ini bisa mengoptimalisasi aliran udara lewat kisi-kisi fairing. So, menurut Mas Sena sendiri desain eksterior pada spesifikasi Honda CBR500R ini terlihat cukup premium dan berhasil menggambarkan platform desain motorsport Honda era sekarang,  yang tak lagi kaku dan lebih berani.

spesifikasi Honda CBR500R

Speedometer

Panel Indikator Modern dengan Konsol Meter Full Digital yang Informatif

Beranjak dari agresifnya garis body yang ada pada spesifikasi Honda CBR500R, kita akan menuju ke segmen kedua yaitu panel indikator. Sebenarnya jika kita melihat trend motorsport high-end terbaru Honda akhir-akhir ini, Honda selalu memberikan panel indikator yang modern dan berkelas untuk menunjang nilai jual di pasaran. Apalagi untuk Honda CBR500R yang menyasar kelas premium, tentunya Honda tak akan luput menyediakan piranti konsol meter yang modern. Pada bagian konsol meternya memang terlihat ‘big bike look’ lewat model yang diematkan dalam Honda CBR500R. Soal kelengkapan indikator juga jelas sudah mumpuni, dimana fitur dashboard yang disematkan dalam spesifikasi Honda CBR500R ini cukup komplit dengan panel speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar. Panel instrumen tersebut semua disajikan dalam operasional yang mudah, tingkat visibilitas tinggi, dan pastinya juga informatif yang menjadikan nilai plus dari spesifikasi Honda CBR500R.

spesifikasi motor Honda CBR500R

Dimensi

Ideal untuk Gaya Berkendara yang Nyaman

separator

Segmen selanjutnya kita akan membedah spesifikasi Honda CBR500R di bagian dimensinya. Soal dimensinya sendiri, Honda CBR500R menawarkan ukuran ideal untuk bikers dengan ragam postur tubuh. Sebut saja dengan ketinggian jok mencapai 785 mm membuat Honda CBR500R memiliki pengendalian yang lebih mudah. Apalagi dengan stang yang tak terlalu pendek, juga menjadikan Honda CBR500R siap menawarkan kenyamanan tingkat tinggi. Sementara itu Honda CBR500R memiliki ukuran fisik yang lumayan kompak untuk kelas big bike mencakup 2081 mm x 756 mm x 1150 mm dan ground clearance 140 mm. Sedangkan layaknya motorsport modern, Honda CBR500R turut menganut sentralisasi bobot dimana mesin diposisikan dekat swing arm pivot untuk bisa memberikan kelincahan dalam bermanuver serta tingkat proposional tinggi antara beban depan dan belakang. Sehingga dengan bobot yang mencapai 192 Kg tetap membuat motor sport lansiran Honda ini mudah dikendalikan di jalanan. Kokohnya rangka utama yang mempunyai diameter besi 35mm tipe diamond-tube pada spesifikasi Honda CBR500R yang rigid, plus pengadaptasian untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kontur jalanan.

harga motor Honda CBR500R

Suspensi

Didukung Piranti Suspensi Kelas Atas Demi Menunjang Stabilitas Berkendara

Kecanggihan dan eksklusivitas dari spesifikasi Honda CBR500R tak hanya terletak di sektor tampilan dan fitur saja, melainkan juga perangkat suspensi yang kini lebih modern. Memiliki bobot yang berat dan juga berkategori sebagai big bike, sudah umum jika piranti suspensi kelas atas turut disematkan demi menunjang stabilitas berkendara. Untuk spesifikasi di bagian suspensinya sendiri, Honda CBR500R dipersenjatai dengan supensi depan berjenis teleskopik berukuran 41mm dan 120 mm. Suspensi depan Honda CBR500R sendiri sudah bermodel adjustable sehingga bisa diatur tingkat redamnya menyesuaikan kebutuhan berkendara. Sementara untuk suspensi belakangnya juga tak kalah kelas dengan mengandalkan suspensi belakang berjenis monoshock Pro-Link yang memiliki pengaturan hingga 9 tingkatan. Suspensi belakang Honda CBR500R tersebut terintegrasikan dengan box-section swing arm (lengan ayun) berkomposisi besi yang sangat solid. Beralih ke spesifikasi Honda CBR500R di bagian kaki-kaki, motorsport Honda ini juga membawa piranti yang baru dengan velg diameter 17 inchi berbahan aluminium yang ringan dengan motif palang Y. Velg depan yang berdiameter 3,5 inchi lantas dibalut dengan ban ukuran 120/70-ZR17, sedangkan velg belakang yang berdiameter 4,5 inchi dibalut dengan ban ukuran 160/60-ZR17. Selanjutnya, motor ini juga sudah mengadopsi teknologi pengereman kelas wahid lewat cakram depan wave pattern 320 mm plus kaliper piston ganda, sementara rem belakang mengemban cakram 240 mm dengan piston tunggal. Metode pengereman pada Honda CBR500R juga sudah mengusung teknologi ABS. Dengan adanya teknologi ABS ini membuat motor sport ini lebih aman untuk dikendarai dengan kencang. Hal tersebut melengkapi spesifikasi Honda CBR500R ini.

review Honda CBR500R

Mesin

Mesin Baru 471cc DOHC 4 Valve/ Cyllinder Parallel Twin untuk Performa yang Lebih Powerfull

Tiba saatnya kita menginjak ke segmen selanjutnya yaitu spesifikasi Honda CBR500R di bagian performa. Kali ini tercatat Honda CBR500R sudah dibekali dengan mesin yang benar-benar baru untuk optimalisasi power dan torsi serta efisiensi bahan bakar. Untuk mesinnya sendiri, Honda CBR500R membawa mesin DOHC berkubikasi 471cc 4-Valve/Cyllinder Liquid Cooled Parallel-Twin. Ukuran diameter yang dimilikinya adalah 67mm x 66.8mm; crankshaft pins dengan sudut 180 derajat, yang diatur sedemikian rupa agar bisa menghasilkan suara yang tetap halus. Untuk sektor mesinnya sendiri, Honda CBR500R terlihat mengadopsi teknologi mesin Honda CBR600RR lewat diameter yang dimilikinya, begitupun pada spesifikasi di bagian crankcase juga mengadaptasi teknologi Honda CBR1000R, sehingga untuk urusan performa atau kinerja tidak perlu diragukan lagi. Untuk powernya sendiri, Honda CBR500R mampu menghasilkan tenaga hingga 35 kW pada putaran 8.500 rpm, serta torsi puncak mencapai 43 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Performa ini cukup powerfull untuk motor dalam segmen 500cc. Mengenai efisiensi bahan bakar, Honda CBR500R sudah menganut teknologi PGM-FI (fuel Injection) 34 mm throttle bodies dan mesinnya juga lolos uji EURO 3. Tingkat konsumsi bahan bakar yang dibawa oleh Honda CBR500R bisa mencapai 26,8 km/l. Sementara untuk transmisi penggeraknya, spesifikasi Honda CBR500R menggunakan transmisi penggerak manual 6-speed constant mesh.

Fitur

Big Bike dengan Fitur Berkendara yang Melimpah

Tibalah kita pada segmen pembahasan spesifikasi Honda CBR500R yang terakhir, yaitu pada fitur penunjangnya. Layaknya motor premium lainnya Honda CBR500R juga sudah membawa ragam fitur penunjang yang modern dan fungsional. Adapun untuk fitur penunjang yang dimiliki Honda CBR500R antara lain peningkatan feel perpindahan gigi yang lebih smooth atau tidak kasar, tuas rem depan yang adjustable dengan rem berteknologi ABS, fuel cap model rata plus engsel yang diracik lebih tinggi sehingga membuat kemudahan saat mengisi bahan bakar. Untuk fitur pengeremannya juga bisa disesuaikan hingga 5 level. Sementara itu, Honda CBR500R juga memiliki kapasitas tangki mencapai 16,7 liter yang membuatnya awet untuk masuk stasiun pengisian bahan bakar. Terakhir, untuk fitur keamanan dan juga penyimpanan Honda CBR500R ini juga tak kalah lengkap berkat integrasi HISS (Honda Intelligent Security System) yang terhubung dengan kunci kontak, dan tersedia pula bagasi kecil di bawah tempat duduk belakang untuk penyimpanan benda-benda ringkas berharga, misal handphone, dompet, dan lain sebagainya yang menjadi nilai plus pada spesifikasi Honda CBR500R.

Video Honda CBR500R

Berikut ini adalah official video Honda CBR500R yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Honda ini:

Spesifikasi Honda CBR500R

Mesin
Tipe Mesin 471cc liquid-cooled parallel-twin
Ukuran Mesin 67.0mm x 66.8mm
Induksi PGM-FI with 34mm throttle bodies
Pengapian Computer-controlled digital transistorized with electronic advance
Perbandingan Kompresi 10.7:1
Sistem Katup DOHC; four valves per cylinder
Sistem Daya
Transmisi Six-speed
Pengendali Akhir O-ring-sealed chain
Rangka/Sespensi/Rem
Suspensi Depan 41mm fork; 4.3 inches travel
Suspensi Belakang Pro-Link® single shock with nine-position spring preload adjustability; 4.7 inches travel
Rem Depan Twin-piston caliper with single 320mm wave disc
Rem Belakang Single-caliper 240mm wave disc
Ban Depan 120/70-17
Ban Belakang 160/60-17
Dimensi
Rake 25.5 degrees
Trail 102mm (4.01 inches)
Wheelbase 55.5 inches
Tinggi Jok 30.7 inches
Berat 423.2 pounds (Includes all standard equipment, required fluids and full tank of fuel-ready to ride)
Kapasitas Tanki 4.4 gallons
Konsumsi BBM 26,8 km/l
Lain-Lain
Model Id CBR500R
Emisi Meets current EPA standards. California version meets current CARB standards and may differ slightly due to emissions equipment.
Warna Red, Matte Black Metallic, Pearl White

Harga Honda CBR500R

Akhirnya setelah Mas Sena mengulas secara mendetail mengenai spesifikasi Honda CBR500R di berbagai sektornya, saatnya kita menuju pada segmen paripurna yaitu kisaran harga Honda CBR500R. Datang sebagai generasi penerus Honda CBR500, tentunya Honda CBR500R sudah membawa banyak perubahan modern yang cukup signifikan yang logikanya berbanding lurus dengan harga Honda CBR500R yang ditawarkan. Sebut saja bagian paling kentara adalah desain yang kini dibawanya tak lagi terlihat kaku, melainkan lebih agresif dengan body berkarakter tajam. Desain Honda CBR500R sendiri sebenarnya terinspirasi dari varian Fireblade. Sementara spesifikasi sektor dapur pacunya juga turut direvisi dengan mesin DOHC 471cc 4-valve per cyllinder Liquid Cooled Parellel Twin yang dikembangkan bersama teknologi-teknologi baru sehingga mampu menghasilkan performa menakjubkan dan tentunya tetap ramah lingkungan. Belum lagi menyempurnakan spesifikasi Honda CBR500R secara keseluruhan, motor yang satu ini juga telah membawa ragam fitur modern seperti LED Full Digital, suspensi settingan, rem ABS, dan masih banyak lagi lainnya. So, dengan banyaknya keunggulan yang dibawa oleh motor ini, jelas turut berkontribusi melambungkan harga Honda CBR500R di pasaran.

harga Honda CBR500R

harga Honda CBR500R terbaru

Hadir di segmen big bike 500cc lewat jalur Completely Built Up (CBU), bisa dipastikan harga Honda CBR500R ini akan sepremium segmennya. Benar saja, motorsport dengan desain aerodinamis ini dibanderol dengan harga Rp 144 jutaan on the road Jakarta. Harga ini merupakan harga Honda CBR500R resmi yang ditetapkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ketika waktu peluncurannya. Sementara Honda CBR500R yang mengaspal di Indonesia bakal dirilis dalam dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black (Hitam) dan Millenium Red (Merah). Segmen premium pantas disematkan dengan harga Honda CBR500R yang di atas 100juta. Meskipun berbanderol mahal, namun jika Bro dan Sist cermat mengamati setiap kelebihan dan performa yang ditawarkan oleh Honda CBR500R, maka kisaran harga Honda CBR500R tersebut bisa menjadi kompetitif, apalagi mengingat konsumen yang dibidik Honda CBR500R bukanlah konsumen mayoritas.

Harga Honda CBR500R

Rp 144.000.000,- (OTR Jakarta)
Daftar Harga Motor Honda

Catatan :

  • Harga motor Honda CBR500R diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CBR500R

Meskipun harga Honda CBR500R ditempatkan untuk kelas premium, namun bisa dikatakan motor ini merupakan wujud komitmen AHM untuk tampil total di pasar big bike Tanah Air. Sebelumnya memang diramalkan tahun 2016 bakal menjadi periode tersengit antara pabrikan di pasar motor berkubikasi besar. Dengan nama besar AHM di Indonesia yang konsisten merilis produk dengan teknologi tinggi, purna jual yang terjamin, dan pastinya harga yang kompetitif, Honda CBR500R memiliki potensi kuat untuk menjadi primadona big bike dalam negeri yang tentunya akan berbanding lurus dengan harga Honda CBR500R yang ditawarkan. Motor ini sendiri sebelumnya memang sudah cukup viral di jagat pecinta otomotif Indonesia karena berani menawarkan nuansa baru sport Honda saat masih berwujud purwarupa. Selain itu, Honda CBR500R merupakan jawaban terkait permintaan khusus dari konsumen loyal Honda pada  AHM. So, buat Anda semua yang sedang gandrung dengan big bike dan ingin total terjun di dalamnya bersama komunitas bikers-bikers ‘moge’ lainnya yang sudah eksis,  jelas Honda CBR500R merupakan alternatif yang menarik untuk dipinang. Terlebih bagi konsumen loyal Honda pastinya tidak akan melewatkan kesempatan ini kendati harga Honda CBR500R cukup mahal. Tentu perlu diingat dengan harga Honda CBR500R yang demikian, Bro & Sist perlu merogoh kocek lebih dalam untuknya. Baca Juga Honda CBR650F dan Honda CB500F.

Top