Awal Tahun, Honda Sonic Bak ‘Terjun Bebas’!

Sempat Jadi Primadona di Akhir Tahun 2015, Kini Honda Sonic Catat Rapor Merah – Seperti kita ketahui, Honda Sonic merupakan salah satu produk yang hadir disaat penjualan industri sepeda motor sedang dalam kondisi tidak baik. Bulan Agustus 2015 lalu, Honda Sonic pertama kali diperkenalkan dan berhasil mencatat angka penjualan yang sangat baik. Catatan sejak diperkenalkan hingga akhir tahun, Honda Sonic mencapai angka penjualan rata-rata tiap bulan sebanyak 8.000 unit. Namun, bagaimana dengan dua bulan pertama di tahun 2016?

sempat- menjadi-primadona-di-akhir-tahun-2015-kini-honda-sonic-catat-rapor-merah

Rupanya memasuki bulan ketiga di tahun ini, Honda Sonic merosot total seolah terjun bebas. Untuk penjualan di bulan Januari, sepeda motor ini hanya mencatat angka penjualan sebanyak 2.061 unit. Hal ini rupanya belum cukup, karena di bulan berikutnya, Februari perolehan angka penjualan juga merosot lagi menjadi 1.910 unit saja.

Padahal apabila melihat angka penjualan di akhir tahun, bulan Desember 2015 lalu Honda Sonic berhasil terjual sebanyak 6.724 unit. Lalu, apa yang menyebabkan Honda Sonic jatuh terjerembab memasuki tahun 2016 ini?

Terkait masalah tersebut, pihak Honda sendiri mengungkapkan bahwa hal ini bukanlah disebabkan oleh berkurangnya konsumen akibat berpindah ke merek lain. Namun, lebih kepada permintaan pasar yang sedang menurun. Memang, apabila diperhatikan saat ini industri automotif khususnya untuk kendaraan roda dua tengah berada dalam masa sulit. Hampir seluruh merek mengalami hal yang serupa.

Menanggapi hal ini, seperti yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Selasa (15/03/2016), General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengungkapkan, “Kami melihat hal ini dikarenakan permintaan konsumen di segmen ini sedang cukup menurun. Pastinya, kami akan lebih fokus memenuhi permintaan pasar dan konsumen, serta meningkatkan pelayanan bagi konsumen Sonic,” Ujar Thomas Wijaya.

Namun, seperti apapun alasan yang diutarakan, tetap saja pada kenyataannya dua bulan pertama di tahun 2016 ini merupakan catatan terburuk penjualan Honda Sonic. Data tersebut telah diperoleh dari catatan pada Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) untuk laporan update bulan Februari 2016.

Kendati demikian, dua bulan pertama permintaan untuk segmen sejenis Honda Sonic mengalami penurunan drastis, namun justru saat ini kehadiran Satria Injeksi telah dipastikan di pasaran. Bahkan, produknya saat ini telah mulai didistribusikan ke diler-diler di Indonesia. Apakah ini ancaman baru bagi Honda Sonic? Baca juga Sonic 150, Sukses Targetkan Pelajar Sebagai Sasaran Pasar dan Thunder 125 Pensiun, Suzuki Siapkan Motor Sport 150cc Berbasis Mesin Satria

Top