Nasib Mobil Nasional Berada di Atas Tanduk

Nasib Mobil Nasional Kian Terpuruk – Tentu Anda semua masih ingat pada waktu Esemka menjadi sebuah harapan besar sebagai mobil produk nasional. Mobil ciptaan putra bangsa ini sempat menjadi sorotan publik ketika ditunggangi Jokowi pada saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kemunculan Esemka pada hakekatnya merupakan sebuah pertanda akan kemajuan dan perkembangan sektor industri otomotif nasional.

nasib-mobil-nasional-kian-terpuruk

Kemudian, ingat kah Anda dengan mobil listrik nasional “Selo”? “Tucuxi?” Ya, mobil listrik canggih ciptaan anak bangsa tersebut saat ini seolah-olah tenggelam ditelan bumi, tidak ada kelanjutannya sama sekali. Di saat yang bersamaan negara-negara maju mulai mengembangkan mobil listrik dan bahkan sudah ada yang memproduksinya, Indonesia juga sudah memulainya sehingga tidak terlalu tertinggal jauh dengan negara-negara maju tersebut. Lebih menyedihkan lagi, ketika negara ini berganti penguasa, justru malah proyek mobil listrik yang sedang akan dikembangkan dan diproduksi tersbut tersangkut kasus korupsi.

Kenyataan tersebut seolah-olah justru menunjukan ketidakseriusan pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif buatan anak bangsa. Padahal, jika dilihat sekarang ini, pasar otomotif sangatlah maju dan berkembang pesat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya mobil yang bersliweran di jalan raya.

Jika yang menjadi alasan adalah alasan sumber daya manusia yang minim dan kurang kompeten di bidang otomotif, sepertinya perlu dikaji ulang kembali. pasalnya, sudah ada bukti kuat seperti Esemka, Selo, Tucuxi yang merupakan karya anak bangsa. Hal tersebut justru merupakan sebuah bukti bahwa sumber daya manusia Indonesia dalam industri otomotif lumayan mumpuni. Hanya perlu dukungan dan niat yang baik dari pemerintah saja.

Berhubungan dengan hal tersebut maka sudah seharusnya ada tindakan tgas dari pemerintah untuk memberikan dukungan terhadap karya anak bangsa, khsusnya dalam bidang industri otomotif. Sebab, jika dipahami lebih dalam lagi, industri nasional ini memiliki prospek yang tinggi dan bisa menjadi investasi bagi negara. Baca juga Subaru Indonesia, Bagaimana Nasibnya? dan Honda Civic Terbaru Telah Mengaspal Di Thailand, Indonesia Kapan?

Top