Wow, Suzuki Ertiga Dreza Lebih Murah di Indonesia

Beda Biaya Produksi, Suzuki Ertiga Dreza Lebih Murah Di Indonesia – Varian tertinggi seri Ertiga dari Suzuki nampaknya akan menjadi primadona di Indonesia. Betapa tidak, Suzuki Ertiga Dreza ini harganya lebih murah dibandingkan dengan negara lain. Suatu fenomena yang jarang-jarang terlihat dan dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Usul punya usul, harga yang lebih mahal tersebut ternyata dialami oleh negara Thailand yang masih satu dalam kawasan Asia. Berdasarkan berita yang beredar, bahwa mobil Suzuki  yang telah diumumkan dalam acara Bangkok Motor Show 2016 tersebut ternyata didatangkan dari Indonesia menuju Thailand, jadi wajarlah apabila harga di Indonesia lebih murah.

wow-suzuki-ertiga-dreza-lebih-murah-di-indonesia

Suzuki Ertiga Dreza yang dipasarkan di negeri gajah putih tersebut mengadopsi mesin 1.4L dengan 90,16 tk dan torsi Nm 130 Nm. Mesin dengan kode K14B tersebut, dipasangkan dengan sistem transmisi manual 4 percepatan. Masih sangat disayangkan, untuk varian transmisi manual pun tidak ikut diimpor ke negara tersebut. Entah apa pertimbangan Suzuki yang hanya memberikan variasi automatic transmission pada Thailand.

Advertisement

Untuk segi tampilan, ternyata keluarga Dreza yang merupakan satu  rumpun Ertiga memiliki aksen baru. Untuk urusan bemper menghadirkan kebaruan yang menyegarkan. Gril sendiri menggunakan lapisan krom, dan tentunya menggunakan lampu LED untuk melengkapi kemegahannya. Untuk urusan belakang, Suzuki Ertiga Dreza ini disematkan desain sayap dan bemper yang  lain dari yang lain. Sedangkan urusan alas kaki, Velg yang digunakan berukuran 15 inci yang sangat memberikan ciri khas Dreza.

Untuk segala fitur yang mengagumkan dari varian Suzuki Ertiga Dreza tersebut, penduduk negeri gajah putih harus merogoh kocek sedalam 715.000 baht. Meskipun nolnya sedikit, apabila dirupiahkan angka tersebut menjadi sekitar Rp 269.000.000,-. Dari angka yang demikian, setidaknya ada paut sebesar 33 juta rupiah dari harga yang beredar di Indonesia. Dengan GPD per Capita Thailand yang kurang lebih tiga kali lipat dari GDP per Capita Indonesia (tradingeconomics.com). Rasanya harga tersebut malah dapat digolongkan lebih murah di Thailand ya daripada di Indonesia apabila dibandingkan secara menyeluruh.

Hanya saja, yang jelas selisih harga yang dibanderol di Thailand untuk varian Suzuki Eriga Dreza ini tentunya dipengaruhi oleh biaya transportasi dan pungutan-pungutan yang dilakukan oleh negara baik Indonesia maupun Thailand. Nah bagaimana? Tertarik dengan harga Suzuki Ertiga Dreza yang di Thailand yang lebih “murah” atau yang di Indonesia saja yang nyata murahnya? Baca juga Mercy Akan Menggarap SUV Model convertible/cabriolet dan Datsun Risers Expedition (DRE) Berkeliling Indonesia.

Top