Renault Kwid, Mobil 800cc, 80 Jutaan

Gempuran SUV Renault Kwid Tiba Kuartal 3 di 2016 – Ditengah gempuran pasar SUV yang seakan-akan selalu cenderung berpihak pada kelas atas, tibalah Renault di Indonesia yang memberikan opsi ramah di kantong bagi pecinta SUV. Dengan banderol harga perkiraan pada angka 80-100 juta rupiah, rasanya mobil ini malah dapat dikoleksi beberapa buah dibandingkan harus membeli mobil SUV pada kelas yang mahal. Agaknya cocok dengan slogan Renault Kwid ini, live for more.

renault-kwid-mobi- 800cc-80-jutaan

Tak heran, harga murah tersebut tentunya memiliki beberapa hal yang harus disesuaikan. Pertama, dari segi mesin. SUV ini mengusung mesin dengan volume ruang bakar sebesar 800 cc dengan 3 silinder. Tentunya untuk kelas SUV yang ada di pasaran cenderung kecil dengan pautan yang cukup jauh. Tapi jangan salah, mesin kecil tersebut diklaim mampu memberikan dorongan sekuat 53 dk pada 5.678 rpm dan torsi maksimumnya berhenti pada angka 72 Nm. Untuk maslaah transmisi, secara default menggunakan sistem manual dengan 5 gigi percepatan plus 1 gigi untuk mundur.

Dengan spesifikasi tersebut, ternyata mampu memasukkan Kwid pada kelas termasuk cukup irit BBM. Klaim data dari Renault menyatakan konsumsi BBM hanya sekitar 25,17 km/l. Menarik bukan untuk kelas SUV? Sayangnya dengan mesin yang kecil, SUV ini hanya mampu memuat 5 penumpang sudah termasuk pengemudi. Jadi, agaknya memang kurang cocok untuk dijadikan andalan keluarga besar.

Baca juga review lengkap Mas Sena tentang Renault Kwid

separator

Untuk urusan kenyamanan, sudah dibekali dengan Susepensi depan bertipe Mac Pherson strut dengan lower transverse link dan bagian belakangnya dibekali bertipe Twist beam suspension with coil spring. Tentunya kedua paduan tersebut akan memberikan lonjakan yang halus menghadapi jalanan di Indonesia. Untuk masalah rem menggunakan tipe disc brake untuk bagian depan, dan drum pada bagian belakang. Sayangnya belum ada informasi tentang adanya teknologi ABS pada SUV yang satu ini. Tapi secara harga, nampaknya wajar kalau fitur ini jadi tidak disematkan.

Nah untuk urusan tampilan, bisa dibilang luar-dalamnya terlihat menarik dan beda. Kesan SUV tentunya tetap dipertahankan, dengan desain lekukan yang anti-mainstream tentunya. Dibalut dengan body dengan pilihan warna merah dan 4 pilihan warna dengan basic berwarna hitam memberikan pilihan yang menyegarkan bagi calon pemiliknya.

Untuk maslaah performa, jangan ditanya, mobil ini cukup tangguh sebagai SUV karena desain bobotnya terbilang ringan sehingga tidak memberatkan kerja mesin. Itupun masih diberikan bagasi dengan lapang ruang 300 liter. Jadi jangan ditanya, kekuatan mobil ini tentunya sangat dapat diandalkan. Penasaran kan? Mobil ii dikabarkan akan masuk ke Indonesia pada kuartal ke 3 tahun ini. Jadi tunggu saja ya. Baca juga Lampu Diuji Karena Salah Satu Faktor Keselamatan Berkendara dan Divisi Lexus F Menghadirkan Sports Sedan Lexus GS F dengan Tingkat Kenyamanan Tinggi.

Top