Fortuner dan Innove Nampang dengan Jubah Anti Peluru

Fortuner dan Innova Tampil Gagah di Pameran Militer India dengan Busana Anti Peluru – Tanggal 28- 31 Maret menjadi waktu digelarnya pameran militer terbesar di India. Pameran yang membawa sebutan Defence Expo ini dihadiri oleh mobil-mobil yang memiliki standar keamanan militer. Dalam kesempatan ini, Toyota menghadirkan Fortuner dan Innova dalam balutan seragam anti peluru.

fortuner-dan-innova-tampil-gagah-di-pameran-militer-india-dengan-busana-anti-peluru

Secara khusus Toyota Fortuner dan Innova ini dirancang oleh Minerva Special Purpose Vehicle (MSPV), yakni perusahaan yang khusus sebagai spesialis konversi kendaraan sipil menjadi unit mobil “semi militer”.

Jika mengamati tampilan luarnya, Fortuner dan Innova tak ada bedanya dengan versi biasa, namun jika memperhatikan lebih detail untuk bagian panel kaca dan bodinya telah diganti dengan bahan yang lebih kuat dan tahan terhadap serangan. Tujuannya tentu saja untuk melindungi penumpang di dalamnya dari serangan musuh saat berperang misalnya.

Selain itu, untuk komponen vital seperti aki, ECU (electronic control unit) juga tangki bahan bakar telah dilapisi dnega balutan baja balistika.

separator

Dengan tambahan material-material tersebut tentu saja akan menambah bobot dari masing-masing mobil.

Untuk Fortuner, sebetulnya pada versi standar membawa berat 1,88 ton namun dengan tambahan material pelindung tersebut, beratnya naik menjadi 3,7 ton. Selain memberi pelindung-pelindung pada bagian-bagian penting, MSVP juga membenahi suspensinya agar dapat menopang beratnya yang bertambah. Bagian ban juga telah diaplikasikan teknologi run-flat tire, hal ini berfungsi agar mobil bisa tetap melaju meski tekanan udara ban tiba-tiba menghilang.

Fortuner menggunakan mesin diesel dengan kapasitas 3.0 liter yang merupakan asli bawaan pabrik tanpa diubah sedikitpun, tenaganya mencapai 171 tk dan torsi 343 Nm. Untuk transmisinya, masih sama tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.

Sedangkan untuk Innova, diberi konsep yang berbeda dengan Fortuner. Panel anti peluru pada Innova terletak pada bagian depan mobil. Artinya, panel anti peluru pada Innova hanya bisa melindungi bagian pengemudi dan penumpang dan penumpang depan saja.

Buka tutup pintu pada Innova juga menjadi sedikit lambat karena pada pintu depan telah ditambah dengan panel pelindung dengan material berat. Berkat seluruh pelindung tersebut, berat kosong Innova bertambah 1 ton.

Untuk mesinnya, masih sama Innova juga masih menggunakan mesin asli dari pabrik seperti pada versi standar. Baca juga Lampu Diuji Karena Salah Satu Faktor Keselamatan Berkendara dan Inilah Bocoran Tesla Model 3 yang Meluncur Hari Ini

Top