Moncong Batu Honda BR-V

BR-V Dapat Nilai Sempurna Masalah Keamanan – Varian yang masih terasa bau barunya dari Honda, BR-V ternyata terbukti berkualitas tidak hanya spesifikasi di atas kertas. Setelah mampu membuat masyarakat Indonesia tidak lagi menahan dompetnya untuk meminang mobil ini pada awal tahun 2016, sekarang dikabarkan malah mampu bertahan dari tabrakan. Tentunya hal ini berdasarkan uji ilmiah oleh institusi yang berwenang.

moncong-batu-honda-br-v

Diuji dengan standar yang dibesut dalam ASEAN NCAP, Honda BR-V tidak lantas gentar dan berhasil memuat skor yang menakjubkan. ASEAN NCAP sendiri adalah singkatan dari ASEAN New Car Assessment Program, yakni suatu program pengujian keselamatan yang mampu dihasilkan oleh mobil-mobil baru dengan standar tertentu berdasarkan spesifikasi dan fitur dari mobil yang ditawarkan tersebut. Nah, untuk Honda BR-V ii, ternyata mendapatkan skor sempurna dengan identifikasi 5 bintang penilaian.

Advertisement

Walaupun sebenarnya skor maksimum yang dapat diberikan dalam skala ini adalah 16.00, BR-V sendiri ternyata hanya berhenti pada angka 14.79. Hal ini terbilang wajar, karena sangat sulit membuat mobil yang menghasilkan skor 16.00 yang dapat diartikan mampu memberikan keselamatan mutlak bagi pengemudi maupun penumpang.

Jika ditanya bagaimana testnya dilakukan, dapat dibilang cukup ekstrim. Yakni dengan menggeber Honda BR-V pada kecepatan tertentu untuk ditabrakkan pada penghalang mutlak yang tidak akan bergeming dalam kondisi apapun. Hasilnya tentu saja BR-V akan berubah bentuk menjadi tidak mulus. Namun titik penilaian adalah keselamatan orang di dalamnya, bukan keselamatan mobilnya. Nah penilaian ini didasarkan samapai sejauh impact yang akan diterima penumpang maupun pengemudi dari tabrakan tersebut. Semakin sedikit dampak yang dirasakan, khususnya secara fisik, maka mobil dikatakan semakin aman. Itupun masih didukung penilaian lain, seperti bekerjanya alat-alat keselamatan pada timing yang seusai, dan lain sebagainya.

Sayangnya, dari hasil uji yang sama, Honda BR-V ini agak kurang ramah untuk anak-anak. penilaian untuk keselamatan anak di kendaraan ini hanya di kisaran 72%. Walaupun kisaran tersebut sudah menyabet 4 bintang, namun rasanya setiap orang tua perlu lebih waspada dalam memerhatikan keselamatan anak-anak apabila menumpang pada Honda BR-V ini. Satu lagi, hasil pengujian ini adalah untuk varian Honda BR-V E dengan tipe gigi CVT. Plus Honda BR-V tersebut adalah yang menggunakan Electronic Stability Control (ESC), sedangkan untuk yang tidak menggunakan fitur tersebut hanya berhenti di 4 bintang saja untuk keselamatan orang dewasa. Tentunya, penilaian keselamatan anak kecil lebih rendah lagi untuk varian tanpa ESC. Jelasnya, yang terpenting adalah hati-hati dalam berkendara ya. Baca juga Seperti Kompakan Antara Nissan dan Proton dan Dengan Pintu Model Hypercar, Mini Paceman Tampil Lebih Trendi.

Top