Unik, Mobil Toyota Ini Terbuat dari Kayu!

Milan Design Week 2016 Toyota Hadirkan Mobil Unik – Toyota, produsen mobil ternama ini akan menghadirkan sesuatu yang berbeda di ajang Milan Design Week 2016. Pasalnya, kali ini Toyota telah siapkan sebuah unit mobil roda empat dengan atap terbuka (roadster) berbahan kayu. Jika hampir seluruh mobil dalam pembuatannya memanfaatkan plat baja, kali ini Toyota bermaksud mendatangkan sesuatu yang langka dan unik.

milan-design-week-2016-toyota-hadirkan-mobil-unik

Di sekujur tubuhnya, mobil ini sengaja dirancang menggunakan bahan kayu. Mobil berwajah unik yang dipanggil Setsuna tersebut merupakan hasil perkawinan antara Toyota dengan Sumitomo Forestry, yang tak lain adalah tempat banyak ahli kayu. Mereka terlibat dalam proses pengembangan Setsuna, dan juga turut serta membantu dalam melakukan pemilihan kayu yang pas dan sesuai.

Seperti informasi yang tertulis pada Carscoops dan dilansir melalui halaman Kompas Otomotif, Senin (04/04/2016) tertulis kutipan, “Dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama, ini membuat kami menuangkan banyak waktu bersama para rekan kerja. Kami membuat prototipe dan mengevaluasi Setsuna, hingga mobil ini bisa menawarkan performa, dalam bentuk rasa nyaman dalam berkendara,” Ujar Kenji Tsuji selaku penanggung jawab proyek pembuatan Setsuna.

Sementara itu, untuk bodi Setsuna sendiri tersusun dari sebanyak 85 panel kayu yang merupakan asli buatan tangan. Penampilannya dibuat agar memberi kesan sebagai mobil tua. Untuk hal ini, Toyota juga mengklaim bahwa mereka menggunakan teknik tradisional ala Jepang, seperti okunari (pemasangan panel kayu tanpa menggunakan paku) pada proses pembuatannya.

Agar penampilannya tidak terasa monoton dan flat, Toyota kemudian mengkombinasikan beberapa komponen berbahan alumunium untuk beberapa bagian, seperti diantaranya adalah penutup roda (wheel cap), bagian kemudi serta pada frame bangkunya. Untuk memberi kesan mobil tua, Toyota juga memberi jam pada Setsuna dengan model jam yang tidak hanya menunjukkan jam dan menit saja tetapi juga menunjukkan tahun, yang akan menjadi pengingat status khusus dari Setsuna.

Membawa penampilan berbeda, berbahan kayu, tentu saja Setsuna akan menjadi sorotan. Pasalnya, hal ini merupakan inovasi baru yang memberi kesan berbeda dan pada saat memandangnya, Setsuna seolah membawa kita pada momen beberapa ratus tahun yang lalu. Baca juga Mobil Paling Mewah Rolls Roys Hanya Ada di Thailand dan Sehari, Sedan Tesla Laku 115.000 Unit

Top