Pemerintah Didesak Gaikindo Untuk Turunkan Pajak Sedan

Mobil Sedan Kurang Diminati Masyarakat Indonesia – Sampai saat ini, Indonesia masih menjadi pusat produksi beragam macam mobil keluarga dengan kapasitas kabin yang luas, seperti model Low MPV. Padahal, jika dicermati lebih seksama, di pasar global mobil sedan masih menjadi model mobil yang difavoritkan.

mobil-sedan-kurang-diminati-masyarakat-indonesia

Hal tersebut juga telah dikemukakan oleh Jongkie D Sugiarto selaku Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Namun, walaupun sedan banyak diminati, justru keadaannya berbeda di Indonesia di mana sdan tidak sepopuler Low MPV. Menurut Jongkie bahwa PPnBM sedan yang diberlakukan di Indonesia masih terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai 30%. Kenyataan tersebut sangat berbeda jika diperbandingkan dengan PPnBM hatchback yang hanya 10 % saja.

Jongki juga mengungkapkan bahwa PPnBm harga sedan di Indonesia bisa dikatakan lebih mahal sehingga membuat pabrikan otomotif hingga saat ini masih malas untuk memproduksi sedan di Indonesia. Selain itu, Gaikindo juga menilai apabila PPnBM turun maka kemungkinan besar mobil pada segmen sedan tersbut akan mengalami kenaikan yang lebih besar. Sehingga, akan banyak pabrikan mobil yang akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil sedan.

Di sisi lain, Jongki juga menambahkan bahwa beberapa tahun terakhir diusulkan kepada pemerintah supaya menurunkan PPnBM sdan kecil dan SUV kecil menjadi 10 %. Sehingga, orang bisa membelinya dan menjadikan pasar berkembang. Apabila volume produksi naik, maka tidak menutup kemungkinan jika produsen mobil sedan akan mempertimbangkan untuk melakukan kegiatan produksi di Indonesia. Baca juga Harga Sedan Toyota Bulan Ini Mulai Beranjak Naik dan Lexus Menyiapkan Mobil Sedan Mewah di Masa Depan.

Top