“Mundur Teratur”, Suzuki Mulai Ambil Langkah di Segmen Skutik

Suzuki Mulai Pasrah dengan Pasaran Skutiknya – Jika memperhatikan pangsa pasar untuk sektor kendaraan skutik atau skuter matik, di Indonesia memang menjadi pasar dengan pangsa terbesar untuk jenis kendaraan ini. Menjadi satu segmen dengan pangsa besar di Indonesia, menjadi salah satu alasan bagi para produsen kendaraan jenis ini. Bahkan, diantara beberapa pabrikan ada yang rela mempertaruhkan spekulasi tinggi dan pada akhirnya harus terjun bebas karena kalah saing dengan produsen lain.

suzuki-mulai-pasrah-dengan-pasaran-skutiknya

Mungkin Suzuki salah satu diantara yang mulai sedikit tersingkir untuk kendaraan segmen ini. Arena yang semakin panas membuat Suzuki sedikit demi sedikit merasa tidak nyaman dengan persaingan yang terjadi. Oleh karena itu, Suzuki akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah mundur teratur dari persaingan di segmen ini.

Dalam hal ini, Yohan Yahya selaku Departement Head Sales and Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan seperti yang dikutip dari halaman Kompas Otomotif, Selasa (05/04/2016), “Memang kalau kita lihat market, segmen skutik menag besar. Tapi kembali lagi, sedemikian besarnya sehingga kebanyakan main di kelas bawah (entry level). Sementara posisi ini sangat sensitif,” Ujarnya.

Yohan lalu melanjutkan, sensitif yang dimaksudkan di sini adalah terkait dnegan harga, perang diskon, serta segmentasi konsumen yang dibidik.

Itulah yang membuat Suzuki tak lagi ingin bermain di segmen ini.

“Dengan kondisi yang demikian, lebih baik kami tidak bermain di situ untuk sementara. Artinya kami tidak mulai lagi untuk jor-joran, namun kami masih eksis dengan produk skutik yang ada,” Tambahnya.

Apabila melihat data penjualan domestik dalam dua bulan pertama di tahun 2016 ini, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menyatakan bahwa kinerja panjualan skutik Suzuki memang telah jauh tertinggal dibandingkan dua merek utama yaitu Yamaha dan Honda. Dari beberapa merek yang ada, Suzuki hanya berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 3.611 unit di mana angka tersbeut merupakan sumbangan dari empat model utama yakni Nex, Address, Hayate dan Burgman.

Sementara itu, Honda memimpin dengan angka 562.853 lalu diikuti yamahan dengan angka 159.241 untuk penjualan periode yang sama. Tetapi jika berbicara produsen dnegan angka terparah adalah TVS yang hanay berhasil menjual 45 unit saja. Baca juga Yamaha, Nmax Sudah Dipertimbangkan dan Setelah Satria Tantangan 7 Detik, Kini Satria Injeksi Kembali Diuji Level Selanjutnya

Top