Berpotensi Terbakar, Honda Recall Ratusan Ribu Honda Jazz dan HR-V

Sistem Start-stop Cacat, Ratusan Ribu Honda Jazz dan HR-V Direcall – Honda, menjadi salah satu produsen kendaraan asal Jepang yang telah terkenal dengan kualitas terbaiknya. Bahkan, beberapa tahun yang lalu, produk Honda ini merupakan salah satu yang hampir selalu bebas dari masalah. Jika telah dikenal sebagai produk yang bebas masalah, maka sekalinya terjadi masalah pasti beritanya akan cepat sekali menyebar.

sistem-start-stop-cacat-ratusan-ribu-honda-jazz-dan-hr-v-direcall

Begitulah yang sedang terjadi pada Honda saat ini. Pasalnya, baru-baru ini terdengar bahwa Honda Jepang melakukan recall terhadap ratusan produknya yang telah terjual kepada konsumen.

Berdasarkan informasi Autoevolution yang dilansir dari halaman Viva Otomotif, Kamis (07/04/2016) mengatakan bahwa Honda Jepang terpaksa menarik kembali sekitar lebih dari 164 ribu unit Fit (Jazz) dan Vezel (HR-V) yang telah terjual ke konsumen.

Alasan Honda melakukan recall tersebut adalah karena ditemukan cacat produksi pada fitur start-stop yang menimbulkan api. Cacat tersebut diduga berasal dari arus listrik yang melewati sistem memiliki jumlah berlebih, sehingga dapat menimbulkan panas, dan mengindikasi terjadinya kebakaran pada kendaraan.

separator

Sejauh ini, telah masuk laporan yang menyatakan bahwa enam unit mobil mengalami kebakaran akibat hal tersebut. Untuk masalah ini, pihak Honda juga tak ingin mengambil resiko berkepanjangan, sehingga perusahaan memutuskan untuk melakukan recall secepat mungkin.

Diketahui unit yang harus direcall adalah Fit produksi tahun 2013 – 2015 dan HR-V buatan tahun 2013 – 2016.

Selain itu, rupanya juga terdapat masalah lain. Terdapat 118 ribu unit Fit yang juga harus ditarik kembali akibat kerusakan pada kemudi electric power steering (EPS). Dari kerusakan tersebut telah dilaporkan dua kasus kecelakaan yang melibatkan Fit, dimana tiba-tiba sistem EPS tersebut kehilangan fungsinya.

Dari masalah pada sistem kemudi tersebut, arah mobil menjadi sulit untuk dikendalikan. Lalu, lampu peringatan yang juga menunjukkan bahwa EPS tidak berfungsi juga tidak menyala pada dasbor, sehingga pengemudi tidak akan tahu bahwa terdapat komponen yang rusak.

Untuk kedua masalah tersebut, Honda akhirnya segera mengumumkan recall untuk melakukan perbaikan terhadap seluruh mobil tersebut baik yang telah terjual kepada konsumen maupun yang masih ada di diler. Baca juga  Besok, Honda Brio RS Bakal Meluncur di IIMS 2016 dan KIA Raih Penghargaan Red Dot Award 2016

Top