Honda Civic Turbo Di IIMS 2016

Setelah Disembunyikan, Civic Turbo Dipajang – Honda Civic bisa dibilang termasuk branding legendaris yang dimiliki Honda. Betapa tidak, munculnya 9 generasi bersaudara dengan nama Civic dari tahun ke tahun rasanya menjadi bukti bahwa sedan yang satu ini laris-manis di pasaran. Keberadaan saudara ragilnya, geberasi kesepuluh rasanya memang sudah ditunggu sejak lama. Tapi penantian itu baru bisa berakhir kemarin, 7 April 2016. Pasalnya, Honda akhirnya baru memperkenalkannya secara resmi di agenda IIMS 2016 melalui PT. Honda Prospect Motor.

honda-civic-turbo-di-iims-2016

Generasi baru ini ternyata dibenamkan tipe mesin baru. Menurut Honda, Civic terbaru ini akan menggendong jantung besi yang memiliki 4-silinder, 1.5L  dan dilengkapi turbocharger VTEC dengan teknologi Earth Dream. Secara kasat mata, mesin ini malah lebih kecil dari generasi sebelumnya. Suatu hal yang mengherankan memang apabila produk otomotif dijual dengan spesifikasi lebih rendah dari saudara tuanya. Hanya saja, hal tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata. Penanaman turbocharger ternyata mampu mendorong pacu jantung besi Honda Civic terbaru ini  hingga di angka 174 dk @5.500 rpm dan torsi 220 Nm @1.800 -5.000 rpm. Seperti diketahui, kehadiran turbocharger ini dapat dikatakan penting yang menjadikan sebutan untuk sedan terbaru ini sebagai Civic Turbo.

Advertisement

Menurut Presiden Direktur PT. Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida, sebagaimana dilansir via Kompas (8/4/2016) menyatakan bahwa kehadiran turocharger di Civic terbaru ini adalah yang pertama di Indonesia pada kelasnya tersebut.Tentunya hal ini untuk menjadi sensasi baru pasar otomotif di Indonesia. Untuk urusan tampilan, konsep yang diusung bisa dikatakan sporty karena memang secara kasat mata Civic Turbo ini terlihat keren.

Katakanlah untuk urusan headlightnya saja sudah mendukung teknologi Full LED. Teknologi ini memberikan pencahayaan yang pas dengan titik-titik cahya yang bisa memberikan daya tarik tersendiri. Headlight ini dilengkapi dengan DRL terintegrasi dengan gril yang tebal. Untuk menambahkan kesan kokoh ala sporty, Honda Civic Turbo menggunakan Pelek dengan ukuran 17 inci. Nah sedangkan kesan turbonya sendiri diangkat dengan penyematan dua saluran pipa pembuangan (dual exhaust pipe) mirip mobil-mobil di film-film balap. Untuk tampilan belakang, didesain denagn bentuk stoplamp yang meruncing dengan LED-Light Bar. Kesemua itu dapat di bawa pulang dengan banderol harga khusus Rp 475 juta. Harga nyaris setengah milyar rupiah itu khusus untuk Jabodetabek dengan perhitungan BBN mobil pertama. Bagaimana? Sipa meminang Sedan Sporty satu ini? Baca juga Rumor, Honda Segera Rilis Supra X150 dan Sistem Start-stop Cacat, Ratusan Ribu Honda Jazz dan HR-V Direcall.

Top